DISKUSI PENELITI BABES LITBANG BPTH BERSAMA OISCA DAN JIFPRO

ADMIN | Sabtu , 7-Sept-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Yogya, 06/09/2019)_ Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Balai Besar Litbang BPTH), mendapat dua kunjungan penting dari perwakilan Jepang pada awal September 2019 ini.  Kunjungan pertama datang dari Dr. Kunihiro Seido yang datang ke Balai Besar Litbang BPTH dengan bahasan “Challenge to Restore Coastal Forest” pada tanggal 5 September 2019.

Kunihiro Seido yang merupakan wakil dari OISCA Forestry Technical Adviser and member Reforestation Project Council diterima oleh Kepala Balai Besar Litbang BPTH, Dr. Nur Sumedi, S.Pi.,MP bersama Dr. Ir. Arif Nirsatmanto, M.Sc., Dr. Ir. A.Y.P. Bambang Catur W., M.Agr. dan tim peneliti di ruang rapat Balai Besar Litbang BPTH.

Pada hari berikutnya, kunjungan berasal dari wakil Japan International Forestry Promotion and Cooperation Center (JIFPRO), yaitu Dr, Eiichiro Nakama dan Dr. Moriyoshi Ishizuka (6/9). Tim JIFRPO tersebut diterima oleh Kepala Balai Besar Litbang BPTH, Kepala Bidang Data Informasi dan Kerjasama bersama tim peneliti Balai Besar Litbang dengan topik bahasan “Carbon Stock Estimation of Forest”.

Dalam pertemuan tersebut dilakukan sharing informasi dimana saat ini Tim Akasia Balai Besar Litbang BPTH yang digawangi oleh  Dr. Sri Sunarti, S.Hut., M.P. dan tim peneliti sedang melakukan research penghitungan carbon. Sebagai informasi Sumitomo melalui JIFPRO bekerjasama dengan BKSDA Jogja melakukan penghitungan stock carbon di Paliyan.

Dari hasil paparan, terdapat perbedaan metode yg digunakan dalam penghitungan stock carbon antara yg dilakukan JIFPRO dengan kita. JIFPRO lbh banyak menggunakan persamaan Allometric sedangkan Balai Besar Litbang BPTH sesuai arahan Puspijak (sekarang P3SEKPI) Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggunakan metode SNI 7724:2011. Apresiasi dari tim JIFPRO bahwasannya metode research kita lebih mendetail dan lebih komprehensif.***(BRH) 

 

Dokumentasi : MNA & DS



Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal             : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index