SOFT LAUNCHING E-BIOTIFOR, SOLUSI PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK HASIL LITBANG

ADMIN | Selasa , 24-Sept-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Yogya, 26/09/2019)_Salah satu upaya hilirisasi IPTEK dan komersialisasi produk hasil litbang dan inovasi yang telah dilakukan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Balai Besar Litbang BPTH) di era milenial generasi 4.0 adalah  dengan menggunakan sistem informasi berbasis web.  Balai Besar Litbang BPTH  membangun sistem informasi berbasis web e-BIOTIFOR untuk meningkatkan layanan publik kepada masyarakat pengguna secara luas, efektif dan efisien.  

Menurut, Dr. Nur Sumedi, S.Pi.,MP., Balai Besar Litbang BPTH berusaha keras secara terus-menerus berperan lebih nyata pada bidang kehutanan, terutama dari aspek perbenihan untuk menghasilkan bibit-bibit unggul.

“Acara hari ini menjadi salah satu bagian dari upaya kami agar bisa memberikan pelayanan yang lebih mudah, lebih simple, dan nanti bisa dilihat seperti apa layanan e-BIOTIFOR yang akan kami luncurkan,” terang Kepala Balai Besar Litbang BPTH saat memberikan sambutan pada Soft Launcing Layanan e-Biotifor, di Ruang Seminar Balai Besar Litbang BPTH Yogyakarta, Rabu (25/09).

Pemasaran Produk Hasil Litbang Balai Besar Litbang BPTH melalui Layanan e-Biotifor dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas layanan publik kepada masyarakat dan pengguna serta termanfaatkannya IPTEK dan produk hasil litbang dan inovasi Balai Besar Litbang BPTH secara luas, efektif dan efisien.

Sistem Informasi e-BIOTIFOR dibangun sebagai branding organisasi, dimana BIOTIFOR (Biotechnology and Tree Improvement for Forest Research Institute) adalah nama lain dari Balai Besar Litbang BPTH yang telah dikenal oleh pengguna.  Sebagai salah satu lembaga penelitian dan pengembangan dibawah Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Balai Besar Litbang BPTH telah melakukan penelitian di bidang kehutanan yaitu Pemuliaan tanaman, Konservasi sumber daya genetik dan Bioteknologi.

Penelitian tersebut  antara lain menghasilkan benih unggul yang telah ditanam di berbagai wilayah di Indonesia sebanyak +2000 ha. Beberapa benih unggul yang telah dilepas oleh Menteri  LHK dan hasil hasil penelitian lain yang siap digunakan oleh masyarakat luas, antara lain Kayuputih (Melaleuca cajuputi F-1), Akor (Acacia auriculiformis F1 dan F2), dan Jati purwo (Tectona grandis).

Balai Besar Litbang BPTH memberikan berbagai layanan dalam rangka menyebarluaskan dan memasarkan IPTEK dan produk hasil litbang unggulan antara lain layanan permohonan pembelian benih unggul, permohonan nara sumber, studi banding, magang, kerjasama penelitian sampai dengan permohonan kerjasama pembangunan kebun benih unggul.  Semua layanan tersebut saat ini diberikan secara manual, online statis, tidak responsif dan tidak interaktif.  e-BIOTIFOR  hadir memberikan solusi atas keterbatasan saluran penyebarluasan informasi tersebut yang memungkinkan layanan diakses oleh pengguna secara online, dinamis, cepat dan fleksibel.

Materi sosialisasi peningkatan pemasaran produk hasil litbang melalui layanan e-Biotifor, dijelaskan oleh Kepala Bidang Data Informasi dan Kerjasama (Kabid DIK), Retisa Mutiaradevi, S.Kom.,MCA. Menurutnya, kondisi saat ini layanan publik yang dilakukan oleh Balai Besar Litbang BPTH masih secara manual, online statis tidak responsif, dan tidak interaktif.

“Harapan ke depan kondisi yang diinginkan adalah layanan pengguna online dinamis, responsif & interaktif, hasil litbang diketahui, dikenal, dimanfaatkan oleh masyarakat, dan pengguna terlayani dengan cepat, efektif, efisien,” tutur Retisa.

Membandingkan kedua kondisi itu ada gab yang mesti dijembatani yaitu saluran penyebarluasan terbatas, sebagian besar informasi layanan diberikan secara manual dan belum adanya sistem yang memungkinkan layanan otomatis, cepat dan fleksibel.

E-BIOTIFOR terdiri dari 5 menu utama, yaitu Menu Layanan, Menu BiotiforMart, Menu Kerjasama, Menu Events dan Menu Pusat Bantuan. Pada Menu Layanan pengguna dapat melakukan pengajuan layanan advis teknis seperti magang, studi banding, narasumber, bimbingan teknis dan lain lain secara online.  Pengguna juga dapat melakukan pembelian benih unggul secara online melalui Menu BiotiforMart.

Untuk Menu Kerjasama pengguna dapat melakukan pengajuan kerjasama secara online. Berbagai agenda kegiatan seminar, gelar teknologi, kunjungan maupun kegiatan lain yang akan diselenggarakan oleh Balai Besar Litbang BPTH dapat diperoleh informasinya melalui Menu Events. Menu Bantuan akan memberikan layanan berupa informasi kontak yang dapat dihubungi, layanan pengaduan dan maklumat layanan.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Pacitan beserta jajarannya, UPT KLHK Lingkup DIY, serta beberapa mitra kerjasama dari institusi pemerintah daerah, perguruan tinggi, perusahaan swasta, developer e-BIOTIFOR, serta awak media.***(EDL&MNA)

 

Dokumentasi : MNA, DS

 

Artikel terkait :

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/199427/litbang-bpth-hilirisasi-produk-penelitian-di-sistem-informasi-berbasis-web

https://m.bernas.id/69447-perluas-jangkauan-di-era-40-e-biotifor-diluncurkan-balai-besar-litbang-bpth-jogja.html

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal          : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index