ANUGERAH DI AKHIR SEPTEMBER UNTUK BALAI BESAR LITBANG BPTH

ADMIN | Kamis , 3-Okt-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Yogya, 01/10/2019)_Balai Besar Litbang BPTH pada akhir bulan September yang lalu mendapat beberapa penghargaan. Penghargaan yang dimaksud adalah terpilihnya Balai Besar Litbang BPTH terpilih sebagai pengelola SIMPEG terbaik lingkup Badan Litbang dan Inovasi (BLI), dilantiknya Dr. Ir. Rina Laksmi Hendrati, MP menjadi Peneliti Ahli Utama (PAU) dan terpilihnya Astoto Nugroho, S.ST.Ars. untuk menyandang Prestasi Kerja Luar Biasa Baiknya dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan untuk Balai Besar Litbang BPTH sebagai pengelola SIMPEG terbaik lingkup BLI diberikan pada acara Pembahasan dan Rekonsiliasi Data SAPK, SIMPEG, Validator dan e-Formasi, di Royal Safari Garden Cisarua Bogor, tanggal 30 September 2019. Pengelola Kepegawaian dari Balai Besar Litbang BPTH adalah Martha Tri Wahyuningsih dan Tri Yahmini, SH, serta Validator Kasubag Tata Usaha dan Kepegawaian, Jaka Suryanta, S.Hut.,M.Sc.Dev.

Anugerah berikutnya yaitu dilantiknya Dr. Ir. Rina Laksmi Hendrati, MP menjadi Peneliti Ahli Utama (PAU). Dr. Rina adalah PAU ke-5 yang dimiliki oleh Balai Besar Litbang BPTH setelah Prof. Dr.Ir. Budi Leksono, MP., Dr. Anto Rimbawanto, Dr. Liliana Baskorowati, S.Hut.,MP., Dr.Ir. Mudji Susanto, MP.

Menurut peneliti senior dengan bidang kepakaran Genetika dan Pemuliaan Tanaman ini, penelitian untuk kayu energi unggul selama ini hanya dilakukan di Balai Besar Litbang BPTH sangat diharapkan oleh para user. Selama beberapa tahun user maupun calon user dari berbagai provinsi di Indonesia telah menanyakan kepada Balai Besar Litbang BPTH tentang ketersediaan benihnya.

“Oleh karena itu usaha untuk segera melipatgandakan hasil benih unggul sangat segera dibutuhkan. Institusi sangat diharapkan untuk menjaga bahkan menambah sumber benih, memfasilitasi perbanyakannya serta membuka kerjasama sebanyak-banyaknya karena terbukti pihak yang tertarik sangat banyak,” ujar peneliti yang tengah meneliti tentang kayu energi ini.

Penghargaan berikutnya yaitu terpilihnya Astoto Nugroho, S.ST.Ars. menyandang Prestasi Kerja Luar Biasa Baiknya dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2019 ini semakin menambah deretan gelar yang diperolehnya. Sebelumnya Astoto pernah meraih penghargaan sebagai Arsiparis Teladan Kementerian KLHK Tahun 2016, Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2016, Arsiparis Teladan Kementerian KLHK Tahun 2017 dan 2018. Pada tahun 2016 menjadi bagian Delegasi Indonesia yang dikirim ke Jepang pada acara G-20.

“Secara pribadi saya berharap kepedulian semua pihak terhadap dunia kearsipan karena hakikinya setiap individu ataupun setiap unit kerja tidak akan pernah lepas dari arsip, mulai arsip kelahiran sampai arsip kematian. Untuk Instansi, harapannya semoga kearsipan di KLHK lebih berjaya lagi dan semakin meluas dalam memberikan manfaat di setiap lini,” kata Astoto ketika ditemui disela-sela kesibukannya sebagai Arsiparis di Balai Besar Litbang BPTH, Selasa (01/10).

Kepala Balai Besar Litbang BPTH, Dr. Nur Sumedi, S.Pi.,MP. menyampaikan rasa bangga atas beberapa penghargaan yang dicapai balai bulan September ini. “Penghargaan selayaknya mempersemangat kita untuk meningkatkan kinerja dan selalu memberikan yang terbaik bagi institusi dan masyarakat,” ungkapnya.***(MNA)