STUDI LAPANGAN SMPMUHAMMADIYAH PLUS GUNUNGPRING: MENUMBUHKAN KEPEDULIAN DAN CINTA LINGKUNGAN PADA SISWA

ADMIN | Senin , 4-Nov-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Yogya, 04/11/2019)_Menurut Wakil Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring, Arif Munadjat bahwa di usia anak-anak ini bagi pemahaman dan kepedulian mereka terhadap lingkungan masih kurang.

“Untuk itu kami sangat berterima kasih diberi kesempatan untuk belajar banyak dan bisa mengetahui secara langsung bagaimana penanganan tanaman secara kultur jaringan maupun pemuliaan tanaman secara umum,” ujarnya ketika memberikan sambutan saat melakukan kunjungan studi lapangan di Balai Besar Litbang BPTH (29/10).

Rombongan diterima oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Ir. Nina Juliati, MP., di lobby tengah kantor balai Besar Litbang BPTH. Dalam sambutannya, Nina memberikan penjelasan singkat tentang kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Balai Besar Litbang BPTH.

Ia mengatakan dengan kunjungan lapangan ini, anak-anak bisa mengetahui bagaimana perbanyakan tanaman dilakukan baik secara generatif maupun vegetatif. “Kita harapkan kunjungan lapangan dapat membuka wawasan anak-anak kita, bagaimana kita harus mencintai lingkungan dan tanaman-tanaman,” ujarnya.

Kunjungan studi lapangan ini diikuti sebanyak 209 siswa, dengan 18 pendamping. Untuk memeriahkan suasana dan menambah semangat siswa diadakan kuis, dan siswa yang dapat menjawab pertanyaan memperoleh pernak-pernik dari Balai Besar Litbang BPTH.

Sesi berikutnya peserta dibagi dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok dibimbing oleh Hamdan Adma Adinugraha, S.Hut.,M.Sc, Moh. Anis Fauzi, S.Hut.,M.Sc, Lukman Hakim, S.Hut.,MP, Siti Husna Nurrohmah, S.Si, berkunjung ke arboretum dan persemaian. Kelompok lain ke Laboratorium Kultur Jaringan dibimbing oleh Y. Wibisono, S.Hut, M.For.Ecosys.Sc dan Endin Izudin S.Hut.***(MNA)

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal             : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index