BENIH UNGGUL UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS HUTAN DAN KEMAKMURAN RAKYAT

ADMIN | Kamis , 28-Nov-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Palangkaraya, 28/11/2019)_Universitas Palangkaraya (UPR) sebagai kampus hijau mengadakan Kuliah Umum untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 dengan Topik: "PEMULIAAN POHON DAN BIOENERGI" dengan mengambil Tema: "BENIH UNGGUL UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS HUTAN DAN KEMAKMURAN RAKYAT".

Acara tersebut diselenggarakan oleh Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian - UPR yang dihadiri dan dibuka oleh Rektor UPR, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Pertanian, Ketua Jurusan, Civitas Akademika dan mahasiswa UPR. Kuliah umum dilaksanakan pada tanggal 28 November 2019 di auditorium Fakultas Pertanian Kampus UPR, Palangkaraya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menambah wawasan mahasiswa dan berbagi ilmu dengan para dosen dalam bidang pemuliaan pohon dan pengembangan bioenergi yang ramah lingkungan. Disamping sebagai perluasan network Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Litbang BPTH) Yogyakarta dengan Universitas terutama untuk penelitian dan pengembangan di lahan gambut.

Acara diawali sambutan Dekan Fakultas Pertanian dan sambutan sekaligus pembukaan oleh Rektor UPR.

Kuliah umum selama 4 jam disampaikan oleh narasumber dari Balai Besar Litbang BPTH Yogyakarta, Prof.Dr. Ir. Budi Leksono, M.P. yang menyampaikan 3 materi kuliah umum dengan judul:

1. Prinsip Dasar Pemuliaan Pohon

2. Hasil-Hasil Pemuliaan Eucalyptus pellita : Bahan Baku Pulp Unggulan.

3. Hasil-Hasil Litbang Nyamplung (Calophyllum inophyllum) : Bahan Baku Biofuel Potensial

Materi kuliah merupakan hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh narasumber selama 25 tahun bekerja di Balai Besar Litbang BPTH Yogyakarta.

Kuliah umum diakhiri dengan diskusi yang mendapatkan respon luar biasa dari civitas akademika dan mahasiswa yang ingin tahu lebih banyak tentang pemuliaan pohon untuk produksi kayu maupun hasil hutan bukan kayu (HHBK) serta Bioenergi; dilanjutkan dengan pemberian cinderamata berupa plakat  oleh Dekan Fakultas Pertanian UPR.***(BL)

 

LINK:

Instagram.com/biotifor_jogja : https://www.instagram.com/p/B5aSj6_gk0H/

 

http://uprjayaraya.com/civitas-akademika/fakultas-pertanian/prodi-kehutanan-berupaya-tingkatkan-pengetahuan-akademik-mahasiswa/

 

 

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal             : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index