KLHK BANTU TENAGA MEDIS DAN APARAT UNTUK CEGAH COVID 19 DI YOGYAKARTA

ADMIN | Kamis , 16-April-2020

Tingkatkan Imunitas Tenaga Medis dan Aparat Sekitar

Biotifor Kembali Bagikan Minyak Kayuputih Terbaiknya

 

Setelah sebelumnya memberikan donasi kepada desa sekitar di awal bulan April kemarin, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Biotifor) kembali memberikan kontribusinya dengan membantu para pejuang yang terlibat secara langsung di masyarakat untuk pencegahan wabah Covid-19, yaitu tenaga medis dan aparat keamanan di Yogyakarta khususnya beberapa kecamatan yang ada disekitar kantor, Kamis (16/4).

Sebelum memasuki kantor BBPPBPTH, tenaga medis dan aparat keamanan melewati prosedur pengecekan suhu di pos keamanan, cuci tangan di pintu masuk, lewati kipas disinfektan dan gunakan hand sinitizer serta tetap menggunakan masker karena kantor ini termasuk wilayah wajib masker, serta duduk dengan jarak sesuai yang dianjurkan.

"Kepala Puskesmas Pakem, Kepala Puskesmas Ngaglik 2, Kepala Puskesmas Turi, Kepala Klinik Sisma Media, Pulowatu, Pakem, Kepala Polsek Pakem, Danramil Pakem, Kepala Polsek Ngaglik, Danramil Ngaglik adalah sasaran penerima sarana pencegahan wabah Covid-19 dari BBPPBPTH Yogyakarta," kata Dr. Nur Sumedi, Kepala Balai Besar Biotifor Yogyakarta.

Kababes menambahkan bahwa mereka diundang untuk hadir dan menerima salah satu kepedulian pencegahan penyebaran Covid-19 berupa minyak kayuputih asli (hasil penelitian BBPPBPTH), hand sanitizer dan masker yang merupakan hasil kerjasama kantor BBPPBPTH dan Koperasi Wana Mandiri serta sumbangan sukarela pegawai BBPPBPTH.

"Donasi berupa 16 lusin botol minyak kayuputih asli, 26,3 liter hand sanitizer (240 botol 70ml & 19 botol 500ml), serta 475 masker sangat tepat diberikan kepada tenaga medis dan aparat keamanan karena mereka petugas yang terlibat langsung dalam pencegahan dan penanganan wabah Covid-19," ungkap, Ir. Harry Budisantoso, MP, peneliti BBPPBPTH sekaligus Ketua KPRI Wana Mandiri.

Diambil dari klon elit yang dimiliki KLHK, Kayuputih Biotifor ini merupakan kayuputih hasil penelitian terbaik karena kandungannya 100% minyak kayuputih dan berkadar 1,8 cineole yang berkhasiat untuk berbagai macam pengobatan diantaranya masuk angin, batuk, pilek dan  flu.

Danramil Pakem, Suwarno, selaku perwakilan undangan menyampaikan banyak terima kasih kepada BBPPBPTH dan berharap apa yang telah dilakukan ini dapat memberikan manfaat dan barokah. Mudah-mudahan seluruh karyawan mendapatkan imbalan yang setimpal dari Tuhan yang Maha Kuasa.

“Kami selalu menyampaikan kepada keluarga dan masyarakat untuk selalu melaksanakan maklumat atau SOP yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sehingga dapat meminimalisir atau memutus rantai penularan Covid 19,” ujar Suwarno.

Lebih lanjut Suwarno menegaskan hal ini harus diawali dari kesadaran pribadi masing-masing, tanpa hal itu kemungkinan kecil akan segera tuntas. Apabila kesadaran dari pribadi sudah taat dan melaksanakan semua himbauan pemerintah, insya Alloh akan sangat minim terjadi penyebaran, bahkan wabah ini dapat segera berakhir.

“Kita selalu berdoa agar wabah ini segera berakhir, kalau ini nanti tidak segera terselesaikan dampaknya tidak hanya pada kesehatan, tetapi akan meluas pada masalah ketahanan pangan, keamanan dan sebagainya,” jelas Danramil berpangkat Kapten ini.

Untuk itu ia memohon kepada seluruh jajaran pemerintah sampai dengan tingkat RT/RW bekerja sama saling membantu, saling menginformasikan manakala ada hal-hal atau indikasi yang mengarah pada gejolak dimasyarakat untuk ditindaklanjuti agar wilayah kita selalu dalam situasi kondusif.***(RH & MNA).

 

  

Dokumentasi   : MNA, DS, MR

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website             : www.biotifor.or.id

Instagram         : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook          : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal           : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index