Struktur Organisasi

ADMIN | Selasa , 23-Juli-2013

Berdasarkan Peraturan  Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P. 18/Menlhk/Setjen/OTL.O/I/2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan BBPPBPTH secara de-jure berkedudukan Yogyakarta. Sesuai Permenhut diatas BBPBPTH dipimpin oleh seorang Kepala Balai Besar (Eselon II B) dan dibantu oleh 1 (satu) Bagian Tata Usaha (Eselon III B), 2 (dua) orang Kepala Bidang (Eselon III B) yaitu Kepala Bidang Program dan Evaluasi (PE) serta Kepala Bidang Data, Informasi dan Kerjasama (DIK).

Kepala Bidang Program dan Evaluasi mempunyai tugas: melaksanakan penyusunan rencana dan program kerja, anggaran penelitian serta penyusunan evaluasi dan pelaporan. Dalam melaksanakan tugas dimaksud Kepala Bidang Program dan Evaluasi dibantu oleh 2 (dua) orang Kepala Seksi (Eselon IV A) yaitu Kepala Seksi Program dan Anggaran serta Kepala Seksi Evaluasi dan Pelaporan.

Kepala Bidang Data, Informasi dan Kerjasama mempunyai tugas melaksanakan pelayanan data, informasi dan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), pelayanan penelitian bioteknologi dan pemuliaan tanaman hutan, pengelolaan sarana prasarana penelitian, pengelolaan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus dan kerjasama penelitian di bidang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan

Dalam melaksanakan tugas dimaksud Kepala Bidang Data, Informasi dan Kerjasama dibantu oleh 2 (dua) orang Kepala Seksi (Eselon IV A) yaitu Kepala Seksi Data, Informasi dan Diseminasi dan Kepala Seksi Kerjasama, KHDTK dan Pengembangan.

Disamping, itu untuk melakukan tugas urusan tata usaha dan rumah tangga, Kepala Balai Besar dibantu oleh 1 (satu) orang Kepala Bagian Umum (Eselon III B). Dalam melaksanakan tugas dimaksud Kepala Bagian Umum dibantu oleh 2 (dua) Sub Bagian yaitu Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian dan Sub Bagian Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN).

Kelompok Jabatan Fungsional Peneliti, Teknisi, Pustakawan dan Pranata Komputer mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk memudahkan Balai Besar PBPTH, seluruh jabatan fungsional ke-litbang-an pada tahun 2007 dikelompokkan ke dalam 3 (tiga) Kelompok Penelitian (Kelti) yaitu Kelti Pemuliaan Tanaman Hutan, Kelti Konservasi Sumber Daya Genetik Tanaman Hutan dan Kelti Bioteknologi Hutan.