VIRTUAL MEETING PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI

ADMIN | Selasa , 23-Juni-2020

BIOTIFOR (22/06/2020) Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, Senin (22/06) melakukan virtual meeting dalam rangka berbagi pengetahuan dan masukan tentang Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi.

Pada Virtual meeting kali ini, Mahasiswa dari Sekolah Vokasi UGM yang PKL di BBPPBPTH Yogya dibawah asuhan Kelti Konservasi Sumber Daya Genetik dengan pembimbing Yayan Hadiyan S. Hut, M. Sc mempresentasikan hasil kegiatan PKL yang dilakukan selama 2 bulan (Januari – Maret 2020).

Adapun topik yang dibahas diantaranya: Aplikasi spektrometer untuk investigasi sebaran species, Pembuatan peta sebaran Timoho dan translokasi Cendana, Pembuatan peta PUP atau sebaran jenis dalam PUP menggunakan SIG.

Salah satu paparan yang disampaikan Revani Fitrah A (Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM) dalam kegiatan PKL beberapa waktu lalu adalah melakukan koleksi data sebaran tanaman Timoho di beberapa wilayah DIY seperti Dinas LHK Yogyakarta  (Kota Yogyakarta), Fakultas Kehutanan UGM (Kabupaten Sleman), dan sebagian wilayah Kabupaten Bantul.

“Hasil dari kegiatan tersebut nantinya mempermudah pemutakhiran (updating) data pertumbuhan tanaman timoho dimasa mendatang”, tambah  Yayan Hadiyan S. Hut, M. Sc selaku pembimbing PKL dari BBPPBPTH.

Ucapan terima kasih kepada TNGM dimana hari ini turut hadir selaku tuan rumah pelaksanaan kegiatan PKL mahasiswa yang terdiri atas Amelia Otista, Khoiriyah Ambarwati, Revani Ashari, Satya Samata. ***(DS)