DISKUSI NASIONAL TIMBER REGULATION ENFORCEMENT EXCHANGE (TREE)

ADMIN | Jumat , 24-Juli-2020

DISKUSI NASIONAL TREE Sub-Tema Science-led Enforcement: capacity and methods for timber testing

Forest Trends dan Institute for Global Strategy (IGES) menyelenggarakan TREE Asia - Pasific Online Meeting pada 27-29 Juli 2020. Isu pembahasan antara lain terkait penegakan hukum, norma kepatuhan dan hubungan dengan negara produsen, industri dan parapihak dalam pemberantasan ilegal logging dan mempromosikan kayu legal di pasar global.

Pertemuan TREE Asia - Pasifik didahului dengan Diskusi Nasional yang diselenggarakan masing2 negara untuk merumuskan materi pertemuan dan menetapkan 5 perwakilan untuk hadir pada tingkat Asia - Pasifik.

Dr. Anto Rimbawanto salah satu peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) turut hadir dalam acara Diskusi Nasional pada 24 Juli 2020.

Dr. Anto Rimbawanto menyebutkan bahwa DNA testing merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam penegakan hukum kejahatan kehutanan, seperti penebangan illegal dan perdagangan kayu illegal. Dalam hal metode identifikasi jenis kayu dengan analisis anatomi tidak dapat memberikan jawaban yang pasti atas pertanyaan jenis kayu apa, maka pilihan nya adalah dengan metode analisis DNA. Analisis DNA juga dapat mengetahui asal usul kayunya. Misalnya apakah kayu jati yang diekspor dari Indonesia berasal dari Jawa atau Myanmar, atau apakah kayu merbau ditebang dari hutan Papua atau Papua New Guinea. Analisis DNA juga dapat menentukan apakah kayu meranti merah muda itu dari jenis Shorea leprosula, S. parvifolia atau S. ovalis.

"Balai Besar Jogja telah dan terus mengembangkan database genetik jenis2 endemik Indonesia untuk keperluan verifikasi legalitas kayu", ungkap Dr. Anto.***(Red)


Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)
Telp. (0274) 895954 ; 896080 Fax. (0274) 896080

Email                     : breeding@biotifor.or.id
Website                 : www.biotifor.or.id
Instagram             : www.instagram.com/biotifor_jogja
Facebook              : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294
E-Journal               : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index