PEMBUATAN PERSEMAIAN UNTUK RESTORASI

ADMIN | Jumat , 14-Agust-2020

BIOTIFOR (14/08/2020) Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk kelestarian alam Indonesia. Salah satunya dengan jalan restorasi. Hal ini sejalan dengan konsen Badan Restorasi Gambut atau yang lebih sering disebut BRG. Dalam rangka mensukseskan salah satu program mereka yaitu pembuatan persemaian untuk restorasi, Jumat 14 Agustus 2020 tim dari BRG berkunjung ke BBPPBPTH. Tim BRG yang pimpin oleh C Nugroho Sulistyo Priyono serta Nugroho Adi Utomo menyempatkan diri bertukar informasi guna pengembangan tanaman khas daerah.

Retisa Mutiaradevi, Kepala Bidang Data, Informasi dan Kerjasama BBPPBPTH pada kesempatan ini mewakili Kepala Balai Besar Litbang BPTH untuk menyambut tim yang dipimpin oleh Kepala Kelompok Kerja Penelitian Restorasi - BRG tersebut.Retisa dan tim menyambut baik dengan memperkenalkan koleksi2 tanaman penelitian di persemaian dan sarana pendukung persemaian yang diantaranya adalah polytube/potray.

Polytube atau potray di persemaian BBPPBPTH sebagai wadah semai bibit. Keunggulan polytube diantaranya adalah pengganti wadah semai untuk mengurangi pencemaran sampah plastik di persemaian karena dapat berulang kali dan wadah ini membuat akar bibit lebih kompak.

Banyak hal yang menjadi bahan diskusi Tim BRG dengan narasumber lainnya di persemaian BBPPBPTH, yaitu Arif Setiawan yang merupakan seorang Teknisi Litkayasa. Nugroho Adi Utomo atau yang biasa disapa Adi banyak berkonsultasi mengenai cara pembuatan persemaian sampai memilih benih yang paling unggul untuk dapat dikembangkan di daerah restorasi.

Tim BRG juga menyempatkan meninjau persemaian tanaman unggulan BBPPBPTH yaitu kayuputih. Miyanto, koordintor KH
DTK menambahkan bahwa kayuputih sudah dikembangkan di KHDTK Gunung Kidul dan Hutan Penelitian Petak 95 Paliyan dan berpotensi menjadi salah satu jenis yang dapat ditanam di lahan gambut.

BBPPBPTH masih terus melakukan eksplorasi dengan benih unggulnya dan tidak menutup kemungkinan untuk penjajakan kerjasama dengan berbagai pihak.