PENYEGARAN PERKA LIPI NO.20/2019: HKM DAN UJI KOMPETENSI

ADMIN | Jumat , 28-Agust-2020

BIOTIFOR (27/08/2020) ”Strateginya, kita harus dapat memaksimalkan kesempatan yang sekarang ada, lebih cepat lebih baik, ujar Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP, pada saat memaparkan materi virtual meeting Penyegaran Perka Lipi No.20/2019: HKM dan Uji Kompetensi yang diselenggarakan oleh Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) pada Kamis, 27/8/2020.

Budi Leksono yang juga merupakan profesor dari BBPPBPTH dan pada kesempatan ini menjadi narasumber menjelaskan mengenai HKM (Hasil Kerja Minimal) dari setiap jenjang jabatan yang harus dipenuhi, serta mengenai uji kompetensi yang akan dilakukan oleh jabatan fungsional peneliti baik dari tingkat ahli pertama sampai ahli utama.

“Konsep HKM prasarat jenjang dipenuhi sebelum menjadi peneliti pada jenjang tersebut. HKM maintenance/naik jenjang/naik pangkat dipenuhi selama peneliti menduduki jenjang jabatan fungsional peneliti”, sebut Prof Budi.

Prof Budi memaparkan bahwa seorang asesor hanya akan menverifikasi dan klarifikasi hal-hal yang diajukan pada HKM (Hasil Kerja Minimal). Dibagian mana keterlibatan dari setiap pihak layaknya kontributor utama yang harus mendalami konsep, bagaimana proses, bagimana pembagian/manage seperti apa, tahapan analisisnya seperti apa dan melihat apakah keterlibatannya layak.

“Mekanisme Uji Kompetensi diawali dengan Tim Asesor memverifikasi butir kegiatan dokumen pendukung sesuai dalam peraturan LIPI Nomor 20 Tahun 2019, Tim Asesor (minimal 3 anggota), Penyajian masing-masing porfolio (presentasi) oleh peneliti”, papar Prof Budi.

“Selanjutnya adalah wawancara oleh Asesor dilakukan untuk verifikasi/menggali kebenaran klaim dan pemahaman terkait porfolio yang diajukan. Prinsipnya hanya klarifikasi bukan justifikasi, tidak ada tendensi dalam proses penilain ujian kompetensi dan lebih melihat peran yang bersangkutan pada butir-butir yang diajukan”, ujarnya.

Apabila terjadi indikasi adanya pelanggaran kode etik dan perilaku, maka proses Uji Kompetensi tetap berjalan, menjadi catatan di borang masing-masing Tim Asesor dengan menjelaskan semua penilaian atas indikasi pelanggaran etika. Majelis Asesor dapat meminta penggantian porfolio atau menindaklanjuti ke Komisi Etik Organisasi Jabatan Fungsional Peneliti. Selanjutnya menyampaikan hasil penilaian Tim Asesor kepada Majelis Asesor untuk ditetapkan.

                            

 

Pada sesi tanya jawab,para peneliti internal Balai Besar tidak melewatkan kesempatan ini, ILG Nurtjahjaningsih, S.Si, M.Sc, Phd. serta Liliek Haryjanto, S.Hut, M.Sc menanyakan hal mengenai pokok bahasan HKM untuk maintenance apakah harus sesuai dengan kepakaran.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Prof Budi menjelaskan bahwa kepakaran tidak dominan pada HKM namun akan menentukan kepakaran selanjutnya, serta kepakaran tidak mempengaruhi angka kredit namun diharapkan kedepannya kita lebih general sehingga lebih integratif dalam kepakaran.

Selain itu, Prof Budi juga menambahkan bahwa setiap 4 tahun HKM harus tetap terpenuhi, sesuai dengan jenjang jabatannya. Intinya sudah berbeda dengan dahulu 5+1 harus naik jabatan kalau tidak pinalty sedangkan sekarang tidak lagi. Maintenance tidak ada batasnya sesuai dengan jenjang jabatan kita. Konsekuesi logis sesuai dengan pangkat, tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja. Penyebab kita melakukan maintenance juga dibatasai oleh pendidikan dan ketidak mampuan memenuhi HKM (aturan yang sekarang) serta tidak ada kuota (ini kebijakan instansi masing-masing).

Selain dari internal Balai Besar, antusiasme pertanyaan juga ada dari daring yang lebih banyak melakukan sesi konsultasi mengenai kondisi yang dihadapi oleh masing-masing personal.

Kegiatan ini diikuti sekitar 50 peserta yang mengakses melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming channel youtube Biotifor Jogja. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti secara langsung oleh pihak internal peneliti Balai Besar di ruang seminar dengan tetap menerapkan jaga jarak sesuai dengan prosedur pencegahan penyebaran Covid-19***(UMP).

 

Link materi:

Perka Lipi 20-HKM dan Uji Kompetensi 2020 serta Presentasi Uji Kompetensi 2020

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                    :
breeding@biotifor.or.id

Website                : www.biotifor.or.id

Instagram             : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook              : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube                : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal              : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index