VIRTUAL MEETING KEMAJUAN KERJASAMA BBPPBPTH YOGYAKARTA Dengan ASIA PULP And PAPER-Sinarmas

ADMIN | Rabu , 2-Sept-2020

BIOTIFOR (27/08/2020) Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) pada Kamis, 27 Agustus 2020 melakukan Virtual Meeting dengan Asia Pulp and Paper-Sinarmas untuk membahas kemajuan kerjasama.

Penelitian yang dimulai pada bulan September 2012 selama 5 Tahun sampai dengan tahun 2017 (Kerjasama I) antara Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan dengan PT. Asia Pulp and Paper yang disaksikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan beserta Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam di Jakarta (PROJECT ID. S.0634/VIII/BBPBPTH-2/2012). Kerjasama dilanjutkan pada bulan Februari 2018 selama 5 Tahun sampai dengan tahun 2023 (Kerjasama II) yang ditandatangani oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian Lingkungan dan Kehutanan di Jakarta (No. 001/SSE-JKT/APP/PKS/02/2018 dan No. S.0169/BBPPBPTH/DIK/KUM.3/02/2018).

Kegiatan utama Kerjasama I adalah melakukan pembangunan demplot konservasi sumberdaya genetik Ramin (Gonystylus bancanus) di Sumatera dan Kalimantan, dengan perbanyakan Ramin secara makro dan mikro melalui kultur jaringan sebagai fokus kegiatan. Kegiatan utama tersebut dilanjutkan pada Kerjasama II dengan perluasan kegiatan yaitu restorasi lahan gambut dengan penanaman Ramin, koleksi dan perbanyakan tanaman jenis-jenis langka lokal di Sumatera dan Kalimantan, penetapan sumber benih jenis-jenis langka lokal di Sumatera dan Kalimantan serta perbanyakan jenis-jenis alternatif penghasil Pulp di lahan gambut. Kegiatan ini sesuai komitmen APP untuk merestorasi 78.000 ha HTI komersial menjadi hutan gambut yang lestari yang terletak di 5 kubah gambut di Riau, Jambi dan Sumatera Selatan yaitu Pengelolaan Praktik Terbaik Gambut (Peatland Best Practice Management Programe).

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.18/Menlhk/Setjen/OTL.0/1/2016 tanggal 29 Januari 2016 bahwa BBPPBPTH Yogyakarta mempunyai tugas pokok melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang bioteknologi hutan dan pemuliaan tanaman hutan, konservasi sumberdaya genetik, silvikultur dan hama penyakit untuk peningkatan produktifitas hutan serta melaksanakan penelitian dan pengembangan yang menjadi kebutuhan daerah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hasil kegiatan ini diharapkan dapat memberikan data dan informasi secara lengkap mengenai teknik perbanyakan jenis-jenis tanaman di lahan gambut untuk tujuan restorasi dan kelestarian ramin, jenis-jenis langka lokal Sumatera dan Kalimantan serta jenis-jenis alternatif penghasil Pulp di lahan gambut.