MONEV DAN SHARING PENGALAMAN KERJASAMA PENELITIAN AGROFORESTRY ACIAR-INDONESIA

ADMIN | Kamis , 22-Okt-2020

BIOTIFOR (22/10/2020). Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) yang juga dikenal sebagai FORDA KLHK telah bekerja sama dengan Australian Center for International Agricultural Research (ACIAR) sejak 40 tahun lalu. FORDA terlibat dalam program kehutanan dari 10 program ACIAR. Pernyataan ini disampaikan dalam Remark Kepala Badan yang dibacakan oleh Ir. Choirul Ahmad, M.E (P3SEKPI) pada acara Monev output & outcome yang telah dicapai sebagai upaya pembangunan Capacity Building, Mutual Benefit,  Kesetaraan, Joint Research, Co-Authorship atas publikasi dan kekayaan intelektual ACIAR yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional pada 22 Oktober 2020 melalui teleconference menggunakan aplikasi zoom.

Program kehutanan ACIAR berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan konservasi dan rehabilitasi sumber daya alam melalui dukungan ilmiah untuk pembentukan, pengelolaan dan pemanfaatan hutan secara lestari, memberikan manfaat sosial, ekonomi dan lingkungan yang optimal bagi Indonesia dan Australia.

Dalam sambutan Kabadan disampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini banyak hasil kerjasama penelitian yang telah dilaksanakan di Indonesia, seperti ditemukannya Sistem Akuntansi Karbon Nasional Indonesia (INCAS) dan peningkatan kapasitas nilai tambah furnitur kayu dalam mendukung system verifikasi kayu legal.

                

FORDA mengucapkan terima kasih kepada ACIAR melalui John Allwright fellowship program dan John Dillon Fellowship yang telah mendukung peningkatan kapasitas peneliti Indonesia dengan mendapatkan gelar Master dan Doctor bidang kehutanan.

“Saat ini terdapat tiga proyek kerjasama antara ACIAR dan FORDA yaitu : 1. Meningkatkan kehutanan komersial berbasis masyarakat di Indonesia; 2. Meningkatkan pengelolaan kabakaran dan restorasi lahan gambut di Indonesia; dan 3. Memaksimalkan produktivitas tanaman ekaliptus dan akasia bagi petani di Indonesia dan Vietnam,jelas Choirul pada akhir sambutan.

Pada acara tersebut peneliti dari Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BPTH) Dr. Anto Rimbawanto berbagi pengalaman mengenai “Management Strategies for Acacia Plantation Diseases in Indonesia and Vietnam” yang merupakan proyek kerjasama penelitian antara Balai Besar Litbang BPTH dan ACIAR.

                 

Dalam paparannya Dr. Anto menyebutkan bahwa dalam pengalaman 25 tahun mengelola proyek riset dengan donor luar negeri, ACIAR adalah mitra yang sangat memberikan manfaat yang besar.

Dr. Anto menyampaikan bebarapa point sharing pengalaman kerjasama dengan ACIAR ini diantaranya:

-     Kerjasama riset memberi manfaat dalam peningkatan kapasitas SDM terutama peneliti di Balai Besar Litbang BPTH dan beasiswa pasca-sarjana yang dihasilkan pada on going project sebanyak 2 PhD dan total sejak 2001 sebanyak 6 PhD dan 4 MSc.

-     Komunikasi intens dengan peneliti/institusi di Australia tak hanya berbagi dalam sisi scientific tapi juga etos kerja,

-    Hasil Intellectual property right salah satunya plasma nuftah yang resisten terhadap penyakit yaitu pada Acacia mangium dan hybrid A. mangium x A. auriculiformis.

-     Dalam publikasi dihasilkan output 12 jurnal pada 2 on going project dan total sejak 2001 mencapai lebih dari 60 publikasi. Project membuka kesempatan mengikuti workshop dan membuka peluang peneliti Balai Besar Litbang BPTH dalam berpartisipasi internasional jurnal.

Selain dihadiri peneliti lingkup FORDA, pada kesempatan ini juga diundang para counterpart dari Badan litbang Pertanian dan Pusat Litbang Perikanan untuk berbagi pengalaman tentang kerja sama penelitian yang telah dilakukan pada bidang masing-masing. ***(EDL).

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email               : breeding@biotifor.or.id

Website           : www.biotifor.or.id

Instagram        : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook        : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube           : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal        : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index