Mari Berkenalan Dengan Para Calon Profesor Riset BIOTIFOR (Dr. Ir. Anto Rimbawanto, M.Agr.Sc )

ADMIN | Selasa , 3-Nov-2020

BIOTIFOR (03/11/2020) Pada kesempatan sebelumnya disampaikan bahwa pada tahun 2020 ini Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan  memiliki lima orang calon professor riset. Dan bersama-sama kita sudah berkenalan dengan salah seorang calon professor risetnya yaitu Dr. Ir. Rina Laksmi Hendrati, M.P yang dapat diakses melalui link berikut. Pada kesempatan kali ini, kita akan lanjutkan untuk berkenalan dengan calon professor riset selanjutnya yaitu Dr. Ir. Anto Rimbawanto, M.Agr.Sc

 


 

Dr. Anto biasa disapa, merupakan seorang peneliti ahli utama di Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan dengan kepakaran genetika molekuler. Berdasarkan dengan Keputusan Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Nomor 90/LITBANG/SET.12/PEG.8/9/2020 tanggal 28 September 2020 tentang Pembentukan Majelis Pengukuhan Profesor Riset, yang bersangkutan dapat melakukan pidato pengukuhan professor riset tersebut.

Dr. Anto berhasil menyelesaikan pendidikan Strata I Kehutanan dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 1980. Tujuh tahun kemudian yaitu pada tahun 1987 berhasil memperoleh gelar masternya dari Massey University New Zealand. Ayah dari seorang putri yang bernama Sari Pambayun ini, fokus melakukan penelitian dibidang genetika molekuler dan pemuliaan tanaman hutan dan berhasil memperoleh gelar Doctornya dari Australian National University pada tahun 1998.

 


 

Dr. Anto selalu bersemangat dalam mengikuti pelatihan. Pada tahun 1982 mengikuti JICA Afforestation Technique di Jepang. Dua tahun berselang yaitu pada tahun 1990 mengikuti Practical Tree Breeding di Australia. Kemudian pada tahun 1993 mengikuti Post-doc Fellow di CSIRO Forestry and Forest Product di Australia. Setelah itu pada tahun 1995 juga mengikuti DNA Analysis di Jepang. Selain itu pula, Pria berzodiak cancer ini memiliki jaringan kerjasama yang luas. Dr. Anto merupakan national expert kerjasama ITTO (International Timber Trade Organization) serta merupakan project leader kegiatan kerjasama ACIAR Project antara Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan dan ACIAR (Australian Center for International Agricultural Research).

Pria kelahiran Kotip Metro ini juga sangat aktif dalam publikasi. Sejauh ini telah menghasilkan 122 karya tulis ilmiah baik yang ditulis sendiri maupun dengan penulis lain dalam bentuk buku, jurnal, prosiding baik nasional maupun internasional dan 51 diantaranya ditulis dalam bahasa inggris. Beliau juga merupakan Ketua Dewan Redaksi Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan (JPTH) yang merupakan jurnal milik Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan selama lebih dari 10 tahun. **UMP