BIMBINGAN TEKNIS KULTUR JARINGAN DI BPDASHL BRANTAS SAMPEAN

ADMIN | Senin , 9-Nov-2020

BIOTIFOR - Dr. Ir. Toni Herawan, MP (peneliti BBPPBPTH) dan Endin Izudin, S. Hut (Teknisi BBPPBPTH) menjadi tenaga pendamping pada Bimbingan Teknis Kultur Jaringan pada 2-3 November 2020.

Kegiatan tersebut diawali dengan monitoring dan evaluasi di laboratorium kultur jaringan dan  rumah kaca, Persemaian Permanen Kemlagi milik BPDASHL Brantas Sampean. Dalam monitoring dan evaluasi  ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan yaitu :

1.   Persiapan materi/eksplan

Untuk mendapatkan eksplan/jaringan muda (juvenile) bisa dengan melakukan pemangkasan pada tanaman di kebun pangkas yang sudah dibangun dari stool plant bermutu.

2.   Perbanyakan tunas (Multiplikasi)

Tahap multiplikasi bertujuan untuk menggandakan propagul atau eksplan yang diperbanyak seperti tunas atau embrio, serta memeliharanya dalam keadaan tertentu sehingga sewaktu-waktu bisa dilanjutkan untuk tahap berikutnya (perakaran dan stek mini/mini cutting).

a.  Pembuatan Media

-    Media multiplikasi Girinops verteggii  = Media MS60 + ZPT BAP 0,01 mg/L sebanyak 1 liter

-    Media multiplikasi jati   = Media MS + ZPT BAP 0,5 mg/L sebanyak 2 liter

b.  Pelaksanaan multiplikasi

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperbanyak eksplant gaharu dan jati yang telah mengalami pertumbuhan tunas, batang dan daun dengan sangat baik agar eksplan yang telah tumbuh tersebut tidak stagnasi dalam pertumbuhan.

c.  Pelaksaan Aklimatisasi Jati, Sengon dan Girinops verteggii

Kegiatan ini sebagai tindaklanjut pada eksplant jati yang telah memenuhi kriteria untuk dilakukan aklimatisasi dengan tolak ukur yaitu tunas telah cukup kuat, pertumbuhan tunas dan daun serempak memiliki akar serta memiliki morfologi yang cukup kuat. Pada awal kegiatan ini adalah penyiapan dan pemilahan planlet yang akan diaklimatisasi. Kemudian penyiapan alat dan bahan serta media tanam. Khusus untuk jenis sengon dilakukan pada eksplant yang mengalami kontaminasi dikarenakan tidak bisa lagi diselamatkan.

3.   Pemeliharaan sarana dan prasarana laboratorium

Laboratorium kultur jaringan harus selalu bersih dan steril, sehingga alat disusun dengan rapi sesuai dengan fungsi dan peruntukan dan semua ruangan di bersihkan.***TH