Mari Berkenalan Dengan Para Calon Profesor Riset BIOTIFOR ( Dr. Liliana Baskorowati, S.Hut, M.P )

ADMIN | Senin , 9-Nov-2020

BIOTIFOR (09/11/2020) Setelah sebelumnya kita berkenalan dengan dua orang (Dr. Ir. Rina Laksmi Hendrati, M.P. dan Dr. Ir. Anto Rimbawanto, M.Agr.Sc ) dari total lima orang calon profesor riset dari Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, Kesempatan kali ini akan lanjut dengan calon selanjutnya yaitu  Dr. Liliana Baskorowati, S.Hut, M.P

 


 

Dr. Lili biasa disapa merupakan seorang peneliti ahli utama di Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan dengan kepakaran genetika dan pemuliaan tanaman. Gelar ini diperoleh berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 54/M/Tahun 2018 tanggal 24 Oktober 2018. Kemudian berdasarkan dengan Keputusan Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Nomor 90/LITBANG/SET.12/PEG.8/9/2020 tanggal 28 September 2020 tentang Pembentukan Majelis Pengukuhan Profesor Riset, yang bersangkutan dapat melakukan pidato pengukuhan professor riset tersebut.

Dr. Lili mengawali jenjang karier sebagai peneliti di Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan pada tahun 2000. Beliau sangat aktif dalam bidang penelitian sehingga pada tahun 2018 berhasil memperoleh jenjang jabatan fungsional peneliti ahli utama IV/d. Beberapa pelatihan yang sempat diikutinya antara lain Controlled Pollination Training di Canberra Australia pada tahun 2002, Diklat fungsional tingkat lanjutan tahun 2014 serta pelatihan sertifikasi asesor peneliti pada tahun 2019.

Dr. Lili berhasil menyelesaikan pendidikan Strata I Kehutanan dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 1996. Empat tahun kemudian yaitu pada tahun 2000 berhasil memperoleh gelar masternya dari Magister of Agriculture Universitas Gadjah Mada. Dan sembilan tahun berselang yaitu tahun 2009, berhasil menyelesaikan gelar doctor dari Phylosophy ANU (Australian National University).

 

 

Wanita kelahiran Bantul Yogyakarta ini sangatlah aktif dalam dunia pendidikan maupun organisasi. Terbukti pada tahun 2009 – 2018 merupakan tenaga pengajar dari Program Pasca Sarjana Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada dan tenaga penguji mahasiswa dari mulai strata satu sampai gelar doktor di beberapa universitas terkemuka di Yogyakarta seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta UPN Veteran Yogyakarta. Selain itu, dalam bidang organisasi, beliau juga  terdaftar sebagai Anggota Peripi dari 2015, kemudian Anggota Masyarakat Biodiversitas dari tahun 2018 dan yang baru baru saja adalah menjadi Sekretaris Himpenindo DIY pada tahun 2019 dengan masa jabatan lima tahun.

 


 

Wanita cantik berhijab ini juga sangat aktif dalam bidang publikasi baik di dalam maupun di luar negeri. Sudah lebih dari 77 buah publikasi baik jurnal maupun prosiding yang dihasilkan. Beberapa buku juga telah ditelurkannya, berikut ini beberapa diantaranya Reproductive biology of Melaleuca alternifolia serta Sengon Unggul (Falcataria moluccana) Untuk Pengembangan Hutan Rakyat.***UMP