B2P2BPTH-KLHK LEMBAGA PENELITIAN KEMENTERIAN PERINGKAT 2 TERINOVATIF VERSI KEMENRISTEK/BRIN

ADMIN | Selasa , 10-Nov-2020

BIOTIFOR (10/11/2020) Bertepatan dengan Hari Pahlawan (10/11) Biotifor Yogya atau Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) menerima penghargaan peringkat 2 nasional sebagai Lembaga Litbangjirap Inovatif Tahun 2020 setelah lolos sebagai salah satu finalis dari 14 institusi yang dinominasikan.

Pemberian Anugerah Litbangjirap Inovatif Tahun 2020 tersebut disampaikan oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bapak Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D. pada Pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020 yang yang dihadiri oleh Presiden RI, Wakil Presiden, Ketua DPR RI, Ketua Komisi 7 DPR RI, dan Para Menteri Kabinet baik secara langsung di Auditirium BJ Habibie Jakarta dengan mentaati protokol kesehatan Covid-19 maupun secara virtual.

“Inovasi adalah kunci transformasi, inovasi adalah energi untuk menciptakan perubahan, inovasi adalah solusi untuk mengatasi permasalahan, inovasi adalah modal untuk memenangkan persaingan,” tutur Bapak Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dalam sambutannya.

Joko Widodo menyambut gembira dan penghargaan atas diselenggarakannya Inovasi Indonesia Expo serta mengajak para inovator memberikan sumbangsih/kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara karena Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi inovator di berbagai sektor yang dibutuhkan masyarakat seperti pangan, energi dan kesehatan.

Rangkaian Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-25 dengan tema “Inovasi Sebagai Solusi” telah dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2020. “Sebagai penutup dari rangkaian acara peringatan Seperempat Abad Kebangkitan Teknologi Nasional, Kemenristek/BRIN mempersembahkan program unggulan dalam upaya memperkenalkan berbagai produk inovasi terbaik karya anak bangsa, dengan balutan teknologi virtual, bersama seluruh stakeholder Inovasi Indonesia,” ungkap Bambang.

Kemenristek/BRIN juga memberikan apresiasi tertinggi bagi para peneliti, perekayasa, dan inovator, yang telah mampu membuat perubahan dari sebuah karya inovasi melalui Anugerah Inovasi Indonesia dan Habibie Prize 2020, dimana salah satunya BBPPBPTH Yogyakarta menjadi nominatornya.

Menristek/Kepala BRIN sudah cukup memberikan atensi dan apresiasi kepada BBPPBPTH dimana Kemenristek telah metetapkan BBPPBPTH sebagai Lembaga Pusat Unggulan Intek (PUI) selama 3 tahun (2017-2019) dan diperpanjang sampai tahun 2022.

Menristek sebelumnya sudah berkenan melakukan penanaman perdana Kayuputih Unggul BBPPBPTH di KHDTK Gunung Kidul, Yogyakarta (18/12/2019). Pada kesempatan tersebut Menristek memberikan apresiasi karena BBPPBPTH telah menghasilkan inovasi benih unggul kayuputih yang merupakan solusi menuju swasembada minyak kayuputih nasional, dan juga apresiasi karena telah berhasil mengajak swasta menjadi off taker minyak kayu putih KTH binaan litbang LHK.

Kepala Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLI KLHK), Dr. Ir. Agus Justianto memberikan apresiasi kepada BBPPBPTH sebagai satu-satunya satuan kerja BLI yang mewakili KLHK dan mampu meraih penghargaan peringkat 2 dari Kemenristek/BRIN untuk kategori Anugerah Lembaga Litbangjirap Inovatif (K/L dan Badan Usaha Inovatif) 2020.

Kepala BBPPBPTH, Dr. Nur Sumedi, S.Pi, MP. yang turut hadir memenuhi undangan secara virtual bersama Menteri LHK, Ibu Siti Nurbaya menyampaikan ucapan terima kasih karena capaian tersebut diperoleh berkat pembinaan dan dukungan dari Badan Litbang dan Inovasi serta Kementerian LHK.

Nur Sumedi pada saat presentasi (26 Oktober 2020) bersama 13 nominator lainnya menyampaikan bahwa Hasil Inovasi BBPPBPTH dalam bentuk Produk dan jasa yang telah berhasil digunakan, dimanfaatkan, ataupun diterapkan di dunia usaha, pemerintah dan masyarakat umum, meliputi 11 jenis benih unggul, kepakaran/ahli, dan alih teknologi.

Sedangkan dalam bentuk Produk benih unggul yang telah berhasil masuk pasar sebagai produk komersil, diantaranya adalah Kayu putih (2 varietas), Acacia mangium (3 varietas), Acacia auriculiformis (1 varietas), Eucalyptus pellita (2 varietas), dan Jati (1 varietas).

BBPPBPTH menindaklanjuti hasil pengembangan litbangjirap Iptek dan penguatan inovasi, dengan pendaftaran HKI atas hasil tersebut, dalam bentuk Perlindungan Varietas Tanaman (PVT). Dalam 3 tahun terakhir telah berhasil mendapatkan sertifikat tanda daftar PVT sejumlah 8 varietas.

Selain itu, aspek yang dinilai dalam penetapan Lembaga litbangjirap inovatif yaitu aspek budaya inovasi, BBPPBPTH memberikan pendampingan dan menyediakan tenaga ahli/pakar untuk pengembangan litbangjirap pada lembaga lain dan masyarakat, dalam bentuk: Nara sumber, Tenaga pakar/ahli, Pembimbing mahasiswa, Pengajar pelatihan, dan Asesor Peneliti.

“Dalam aspek Kapasitas SDM, BBPPBPTH mempunyai modal SDM yang mumpuni dengan memiliki 41 peneliti dengan berbagai kepakaran dan bahkan dalam waktu ini sebanyak 5 Peneliti Ahli Utama BBPPBPTH akan dikukuhkan sebagai Profesor Riset oleh Menteri LHK pada 11 November dan 3 Desember 2020 di Gedung Manggala Wanabakti,” sebut Nur Sumedi.

Harapannya semoga kerja keras dan ketekunan para peneliti dan seluruh karyawan BBPPBPTH Yogyakarta, bisa memacu kerja keras lebih lanjut dan berkah manfaat untuk masyarakat.

Nur Sumedi menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Kemenristek/BRIN, Dewan Juri dan pihak-pihak yang telah banyak mendukung sehingga BBPPBPTH layak meraih penghargaan ini.

Biotifor Yogya menjadi Lembaga Litbangjirap Inovatif yang telah menggenggam modal untuk memenangkan persaingan sebagaimana disampaikan oleh Presiden RI dimana inovasi adalah modal untuk memenangkan persaingan,” tambah Nur Sumedi.


Link terkait:

https://www.instagram.com/p/CHZlbLtAhe-/

https://www.instagram.com/p/CGz_xsegFmM/

https://fb.watch/1FSWTUQTIw/

 

Selengkapnya:

https://youtu.be/-fw8G2gVZ64

 

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA):
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email               : breeding@biotifor.or.id

Website           : www.biotifor.or.id

Instagram        : https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube           : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal         : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index