Mari Berkenalan Dengan Para Calon Profesor Riset BIOTIFOR ( Dr. Ir. A.Y.P. Bambang Catur W., M.Agr )

ADMIN | Selasa , 17-Nov-2020

BIOTIFOR(17/11/2020) Tidak terasa kita sudah berkenalan dengan tiga dari lima orang calon professor riset Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan sekarang saatnya berkenalan dengan calon selanjutnya yaitu Dr. Ir. A.Y.P. Bambang Catur W., M.Agr

Dr. Ir. Antonius Yan Pancratius Bambang Catur Widyatmoko., M.Agr atau yang biasa disingkat dengan Dr. Ir. A.Y.P. Bambang Catur W., M.Agr merupakan seorang peneliti ahli utama di Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan dengan kepakaran genetika molekuler. Gelar ini diperoleh berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 54/M/Tahun 2018 tanggal 24 Oktober 2018. Kemudian berdasarkan dengan Keputusan Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Nomor 90/LITBANG/SET.12/PEG.8/9/2020 tanggal 28 September 2020 tentang Pembentukan Majelis Pengukuhan Profesor Riset, yang bersangkutan dapat melakukan pidato pengukuhan professor riset tersebut.

 

 Dr. Anton biasa disapa mengawali jenjang karier sebagai asisten peneliti madya pada tahun 2000. Beliau sangat antusias dalam bidang penelitian serta pelatihan. Pada tahun 1994, Dr. Anton mengikuti Course of Isozyme Methods yang diadakan di Jerman. Setahun berselang, mengikuti Counterpart Training on Molecular Genetics di Jepang. Kemudian pada tahun 2005 juga mengikuti SSR Developmenr for Pinus merkusii yang diselenggarakan di Italy. Pada 2016 berpartisipasi pada Primer Development for Bos javanicus di Malaysia. Serta pada tahun 2017 ikut serta dalam First Responders to a Wildlife Crime Scene di Amerika dan Workshop Bioinformatic : Analysis and Interpretation of DNA Datasets for Wildlife Conservation yang diselenggarakan di Jakarta. Karena keaktifannya dalam kegiatan penelitian sehingga pada tahun 2019 berhasil memperoleh jenjang peneliti ahli utama gol IV/d.

Dr. Anton berhasil menyelesaikan pendidikan Strata I Kehutanan dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 1991. Pada tahun 2000 berhasil memperoleh gelar masternya dari Kyushu University Fukuoka. Kemudian, tiga tahun berselang yaitu tahun 2003, berhasil menyelesaikan gelar doktornya dari universitas yang sama. Karena keahliannya tersebut beliau juga menjadi penguji mahasiswa strata I sampai gelar doctor di Universitas Kristen Duta Wacana dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.


Pria kelahiran Kepulauan Kei Maluku Tenggara ini sangatlah aktif dalam dunia publikasi. Lebih dari 80 buah publikasi telah dihasilkan baik sebagai penulis tunggal maupun berkolaborasi dengan penulis lainnya. Publikasi tersebut disajikan dalam bahasa Indonesia, Inggris maupun Jepang. **UMP