MENGENAL POHON KEMENYAN

ADMIN | Kamis , 7-Jan-2021

Biotifor.or.id--Mendegar istilah kemenyan, mungkin sebagian dari kita akan terbayang sesuatu menjurus kepada hal-hal “horor”. Namun, seperti apakah pohon kemenyan itu? Kemenyan termasuk pohon besar, tinggi dapat mencapai 20 - 40m dan diameter batang mencapai 60 – 100 cm. Batang lurus dengan percabangan sedikit. Kulit beralur tidak terlalu dalam (3 - 7 mm) dengan warna kulit merah anggur.

Kemenyan berdaun tunggal dan tersusun secara spiral. Daun berbentuk oval bulat, bulat memanjang (ellips) dengan dasar daun bulat dengan ujung runcing. Sebelah atas daun berwarna hijau dan sebelah bawah berwarna kekuning-kuningan dengan pinggiran daun rata. Panjang daun mencapai 4 - 15 cm, lebar daun 5 - 7,5 cm, tangkai daun 5 – 13 cm, helai daun mempunyai nervi 7 - 13 pasang.

Burkil (1935) menjelaskan bahwa pohon Kemenyan berasal dari pantai barat Sumatera, tumbuh secara alami dan telah banyak dibudidayakan. Van Steenis (1953) menambahkan bahwa pohon Kemenyan banyak ditemukan di hutan alam, hidup berkelompok dan bercampur dengan tanaman lain.

Ingin tahu lebih lanjut tentang sejarah singkat perdagangan, taksonomi dan penyebaran, budidaya, penyadapan getah kemenyan? Sobat semua dapat membaca di buku “Mengenal Pohon Kemenyan (Styrax spp.): Jenis dengan Spektrum Pemanfaatan Luas yang Belum Dioptimalkan” yang ada di website ini pada menu publikasi sub menu buku atau melalui link berikut: http://bit.ly/3pMengenalKemenyan.
 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA):
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email               : breeding@biotifor.or.id

Website           : www.biotifor.or.id

Instagram        : https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook        : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube          : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal        : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index