POTENSI JASA LINGKUNGAN DAN WISATA ALAM KHDTK KALIURANG

ADMIN | Kamis , 4-Feb-2021

Hallo sobat Biotifor, sebelumnya sudah dikupas tentang Pesona KHDTK Kaliurang dan juga salah satu primata penghuninya, kesempatan ini kita akan sedikit membahas tentang Potensi Jasa Lingkungan dan Wisata Alam.

Jasa lingkungan adalah penyediaan, pengaturan, penyokong proses alami, dan pelestarian nilai budaya oleh suksesi alamiah dan manusia yang bermanfaat bagi keberlangsungan kehidupan. Pemanfaatan jasa lingkungan adalah suatu upaya pemanfaatan potensi jasa dapat berupa jasa penyediaan, jasa pengaturan, jasa budaya, maupun jasa pendukung, yang diberikan oleh fungsi ekosistem dengan cara tidak merusak dan tidak mengurangi fungsi pokok ekosistem tersebut.

Jasa lingkungan di KHDTK meliputi jasa wisata alam, jasa perlindungan tata air (hidrologi), kesuburan tanah, pengendalian erosi dan banjir, keindahan dan keunikan alam, penyerapan dan penyimpanan karbon (carbon offset), serta jasa lingkungan yang dihasilkan dari berbagai jenis penggunaan lahan (hutan atau pertanian).

Sebagai informasi, Jasa Lingkungan Kementerian LHK untuk tahun 2020 menyumbang PNBP sebesar Rp. 49.061.431.913 yang terdiri atas Jasa Lingkungan Wisata Alam dan Jasa Lingkungan Air.

KHDTK Kaliurang yang dikelola oleh BBPPBPTH Kementerian LHK merupakan salah satu penyumbang PNBPMeningkatnya daerah wisata di Yogyakarta dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi kawasan KHDTK Kaliurang.

KHDTK dengan lokasi strategis di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi ini mempunyai aksesibilitas jalan yang sudah bagus dan beraspal sehingga dapat dengan mudah ditempuh menggunakan kendaraan roda empat.  Berjarak kurang lebih 25 Km dari Tugu Pal Putih Jogja, lokasi ini sering dimanfaatkan sebagai lokasi shooting film, pra wedding, area camping, area outbond, tracking/ lintas alam, bahkan sebagai tempat diklat bagi anak-anak pramuka, dan penelitian untuk para mahasiswa.

KHDTK Kaliurang senantiasa berupaya melakukan pengembangan melalui penyusunan RPJP 2020-2039. Tujuan penyusunan RPJP KHDTK Kaliurang adalah sebagai pedoman untuk memberikan arah dan panduan dalam rangka mewujudkan pengelolaan, pemeliharaan, perlindungan, pengamanan KHDTK Kaliurang sebagai model restorasi ekosistem berbasis genetik di dataran tinggi volcano dan pemanfaatannya untuk perekonomian masyarakat melalui wisata ilmiah eco edu tourism dalam 20 tahun mendatang.

Semoga ke depan KHDTK Kaliurang dapat lebih berkembang, lebih banyak dimanfaatkan oleh pengunjung dan memberikan PNBP yang lebih banyak lagi (***RH).

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA):
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email                breeding@biotifor.or.id

Website            www.biotifor.or.id

Instagram         https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook          www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube            http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal           http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index