10 TAHUN PERJALANAN JABON MERAH BIOTIFOR YOGYAKARTA

ADMIN | Selasa , 23-Maret-2021

Biotifor.or.id - Kegiatan pemulian Jabon yang dilakukan oleh B2P2BPTH telah berumur 10 tahun, salah satunya adalah dengan terbangunnya plot KBSUK generasi pertama (F-1) jenis Jabon merah di Wonogiri, dengan Penanggungjawab kegiatan adalah Teguh Setyaji, S.Hut., M.Sc dengan anggota tim Dr. Arif Nirsatmanto, Dr. Sri Sunarti, Dwi Kartikaningtyas, S.Hut, Betty Rahma H, M.Sc, Surip, M.Sc, Dwi Siwi Y, S.Hut dan Sumaryana. Jabon merah dengan riap dan kualitas kayu yang baik, sangat prospektif sebagai bahan baku playwood, hal ini terbukti beberapa perusahaan playwood di Jawa telah memanfaatkan kayu jabon sebagai bahan baku playwood.

Untuk mendukung pemuliaan jabon pada hari Kamis, 18 Maret 2021 perjuangan tim jabon dimulai perjalanan dari Yogyakarta menuju Wonogiri dengan jarak tempuh waktu 2 jam perjalanan. Rangkaian kegiatan pada hari itu adalah pengamatan pembungaan pada masing-masing individu pohon dan evaluasi pertumbuhan pada plot KBSUK (F-1) jenis Jabon merah yang saat ini telah berumur 108 bulan. Setelah tim jabon melihat tegakan pohon jabon yang tumbuh baik dan berjejer, seolah membutuhan sentuhan inovasi untuk menggali potensi jabon yang lebih baik sebagai bahan baku playwood kedepannya.

Sambil ngobrol dibawah tegakan jabon dan membuka nasi bungkus, telah mencetuskan beberapa inovasi yang disepakati bersama oleh tim, beberapa kegiatan yang harus dilakukan pada tahun 2021 adalah sebagai berikut:

1.     Berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan playwood di Wonogiri, Purworejo dan Pacitan sebagai upaya proses hilirisasi produk.

2.     Bekerjasama dengan beberapa universitas untuk melakukan penelitian bersama tentang sifat kayu jabon dan potensi lainnya.

3.     Terjalinnya kolaborasi pembuatan naskah karya ilmiah dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Teknologi MARA Malaysia.

4.     Seleksi final plot uji keturunan generasi pertama (F1) jenis Jabon putih di Wonogiri.

5.     Evaluasi pertumbuhan dan pemeliharaan plot uji provenasi Jabon merah di Wonigiri.

6.     Perpanjangan beberapa kerjasama dengan pihak kedua yang sudah berakhir.

7.     Aspek biometrika utk membuat model pertumbuhan jabon merah dan putih menggunakan data series dari kebun benih.

8.     Membangun breeding garden utk studi biologi reproduksi dan persilangan utk menggapai cita2 menemukan varietas hibrida baru yang unggul *jabon nusantara atau Jabon merah-putih*

 

Kontributor berita: Tim jabon

Foto: Tim Jabon

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA):
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email breeding@biotifor.or.id

Website www.biotifor.or.id

Instagram https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index