HARGA KAYUPUTIH YANG STABIL MEMBUAT PT SRI REJEKI FERTILIZER MELIRIK RENCANA KERJASAMA DENGAN BIOTIFOR

ADMIN | Rabu , 31-Maret-2021

BIOTIFOR (31/03/21) Pandemi, tidak menyurutkan PT Sri Rejeki Fertilizer menjajaki kerjasama dengan BIOTIFOR. Berawal dari pertemuan lewat media zoom yang dilakukan sebelumnya, PT Sri Rejeki Fertilizer merealisasikan proses pembelajaran langsung mengenai budidaya dan pengolahan kayuputih di Balai Besar Litbang BPTH.

Sambutan baik juga diberikan oleh Retisa Mutiaradevi selaku Kepala Bidang Data, Informasi dan Kerjasama Balai Besar Litbang BPTH. Pada kesempatan kali ini. Retisa mewakili Kepala Balai Besar Litbang BPTH menyambut baik penjajakan kerjasama tersebut dan tak lupa mengucapkan selamat datang di kantor yang letaknya di kaki Gunung Merapi ini.

 

  “Kami berencana belajar dari persiapan awal seperti apa yang dibutuhkan dalam penanaman kayuputih”, ujar Wibisono Handoko selaku Direktur Utama PT Sri Rejeki Fertilizer Tangerang Selatan menyampaikan niatannya. “Tahun ini kami berencana melakukan program penanaman di daerah Riau dan Kalimantan Tengah pada lahan 10 hektar”, tambahnya.

Selanjutnya Prof. Ris. Dr. Ir. Anto Rimbawanto, M.Agr.Sc selaku koordinator penelitian pemuliaan kayu putih menjelaskan bahwa kayuputih merupakan salah satu komoditas riset dari Balai Besar Litbang BPTH. Sifat penting dari kayuputih hasil penelitian kami yaitu rendemen 1,8 cineol dan proses hilirisasi yang sedang kami dorong kedepannya. Kami juga menyediakan benih unggul yang menjadi sasaran utama dari pembuatan suatu kebun benih.

 

 

Mengetahui niatan penananam di Riau dan Kalimantan Tengah yang akan dilakukan oleh PT Sri Rejeki Fertilizer, Prof Anto menambahkan bahwa saat ini penanaman kayuputih skala besar baru tersedia di Pulau Jawa, sedangkan di luar Pulau Jawa yaitu di daerah Bima dan di Pulau Sumatera sudah mulai dilakukan penanaman hanya masih skala kecil. Sehingga apabila dapat dilakukan dapat menambah keberagaman wilayah pertumbuhan.

Kayuputih juga merupakan jenis tanaman yang prosesnya sederhana namun memiliki nilai ekonomi yang bagus. Di kondisi lahan apapun, tanaman kayuputih dapat bertahan hidup sehingga dapat juga dijadikan salah satu tanaman restorasi, papar Prof Anto.

 


Di sela-sela waktu yang singkat, tim dari PT Sri Rejeki Fertilizer didampingi Tim Kayuputih Biotifor juga menyempatkan meninjau tanaman kayuputih yang dikembangkan di KHDTK Gunung Kidul dan Hutan Penelitian Petak 95 Paliyan.

Pembelajaran singkat pada Rabu, 31/03/2021 ini sangatlah bermanfaat bagi kami pihak PT. Sri Rejeki Fertilizer, ungkap Wibisono. Saya menilai bahwa tanaman kayuputih ini merupakan tanaman kuat yang sangat menjanjikan sehingga, besar harapan kami dapat bekerjasama dengan pihak Balai Besar Litbang BPTH, ungkap Wibisono diakhir pertemuan. [UMP]

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA):
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email               breeding@biotifor.or.id

Website           www.biotifor.or.id

Instagram        https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook        www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube           http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal        http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index