PEMBANGUNAN MODEL PERCONTOHAN PENGEMBANGAN KAYUPUTIH

ADMIN | Jumat , 9-April-2021

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) Yogyakarta telah melakukan serangkaian kegiatan pemuliaan kayuputih sejak tahun 1993 dan telah menghasilkan bibit unggul dengan potensi rendemen minyak kayuputih dua kali lipat dari tanaman kayuputih komersil di Pulau Jawa.

Selain itu BBPPBPTH telah melakukan kegiatan pengembangan kayuputih unggul di wilayah kerja KPHL model Biak Numfor yaitu di Desa Rimbajaya Distrik Biak Timur Kabupaten Biak Numfor Propinsi Papua sejak tahun 2015. Pengembangan Kayuputih unggul di KPHL Biak Numfor dengan luas 5 ha sudah dapat di jadikan  percontohan industri kayuputih dengan menggunakan benih unggul di luar Pulau Jawa.

Keberhasilan pengembangan kayuputih yang melibatkan kelompok masyarakat perlu dikembangkan di lokasi lain. Salah satu lokasi yang cukup potensial untuk pengembangan kayuputih dengan pola ini adalah di Lamongan, Jawa Timur.

Tahun 2021 dilakukan pembangunan model percontohan pengembangan kayuputih skala kecil di Lamongan. Upaya ini dilakukan untuk memberikan percontohan kepada masyarakat Lamongan tentang pengusahaan kayuputih dalam skala kecil. Lokasi pengembangan dilakukan di Desa Dadapan, kec. Solokuro Kab lamongan. Wilayah ini merupakan wilayah binaan dari Koperasi Viva Daun Berlian yang telah bekerjasama dengan BBPPBPTH. Sebelumnya, wilayah ini digunakan untuk penanaman tebu, namun karena dirasakan kurang menguntungkan, kemudian masyarakat mencoba untuk menanam kayuputih karena jenis ini sedang banyak permintaan dan memiliki prospek yang menguntungkan.

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA):
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email breeding@biotifor.or.id

Website www.biotifor.or.id

Instagram https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal           http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index