RESTORASI LAHAN BERBASIS BIOENERGI DAN CARBON FARMING

ADMIN | Sabtu , 24-April-2021

Biotifor.or.id - Merealisasikan hasil pertemuan multi pihak secara online 8 bulan yang lalu (13 Agustus 2020) dengan topik: Restorasi Lahan Berbasis Bioenergi dan Pembayaran Jasa Ekosistem (PES), saat ini telah memasuki persiapan bibit untuk penanaman pada akhir tahun 2021 yang direncanakan ditanam di lokasi Gunung Abang (puncak tertinggi ke 3 di Bali) yang berdampingan dengan Gunung Batur.

Kegiatan yang merupakan kerjasama multi pihak antara CIFOR-ICRAF, BBPPBPTH-BLI, NIFOS, Batur UNESCO Geopark, BPDASHL Unda Anyar Bali, Universitas Udayana dan KPH Bali Timur bertujuan untuk mendemonstrasikan model restorasi yang disesuaikan dengan kearifan lokal menggunakan mekanisme pembayaran inovatif untuk jasa lingkungan (PES) di Gunung Batur UNESCO Global Geopark. Hal itu disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP, salah seorang peneliti senior BBPPBPTH/Biotifor sebagai tim inti dalam kegiatan tersebut.


Pembibitan dilakukan di persemaian permanen BPDASHL Unda Anyar yang berlokasi di Suwung, Bali. Selain memberikan asistensi dalam pembuatan bibit, juga dilakukan diskusi selama 3 hari, dari tanggal 16-18 April 2021 di Kantor BPDASHL Unda Anyar dan Hotel Griya Santryan, Sanur, Bali.

 

Diskusi tentang model Restorasi Lahan Berbasis Bioenergi dan “Carbon Farming” dihadiri oleh CIFOR (Dr. Himlal Baral) sebagai Koordinator dan penyandang dana, Kepala Balai dan Kepala Seksi Evaluasi BPDASHL Unda Anyar serta peneliti senior dari Universitas Udayana (Dr. Ni Luh Arpiwi).

Himlal dan Budi Leksono secara bergantian menyampaian Model restorasi lahan untuk berbagai kemanfaatan dan “Carbon farming for resilient livelihoods and landscapes” untuk pengembangan dalam skala yang lebih luas di Indonesia. Untuk kegiatan yang terakhir juga akan melibatkan Direktorat pengendalian perubahan iklim, Kementerian LHK.***(BL)

 

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA):

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram         : https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook          : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube            : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal           : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index