KLASIFIKASI SUMBER BENIH

ADMIN | Selasa , 27-April-2021

Biotifor.or.id - Klasifikasi atau tingkatan sumber benih berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan No: P.01/Menhut-II/2009 yang telah direvisi menjadi P.72/Menhut-II/2009 tentang Penyelenggaraan Perbenihan Tanaman Hutan, terdiri dari 7 tingkatan.

Berikut ini adalah penjelasan singkatnya untuk masing-masing tingkatan menurut Peraturan tersebut yang tercantum dalam Lampiran 1. Klasifikasi Sumber Benih berdasarkan materi genetik yang digunakan untuk membangun sumber benih, dapat dibedakan sebagai berikut:

1.    Tegakan Benih Teridentifikasi (TBT), yaitu sumber benih dengan kualitas tegakan rata-rata, yang ditunjuk dari hutan alam atau hutan tanaman dan lokasinya teridentifikasi dengan tepat.

2.    Tegakan Benih Terseleksi (TBS), yaitu sumber benih yang berasal dari TBT dengan kualitas tegakan di atas rata-rata.

3.    Areal Produksi Benih (APB), yaitu sumber benih yang dibangun khusus atau berasal dari TBT atau TBS yang ditingkatkan kualitasnya melalui penebangan pohon-pohon yang fenotipanya tidak bagus.

4.    Tegakan Benih Provenan (TBP), yaitu sumber benih yang dibangun dari benih yang provenannya telah teruji.

5.    Kebun Benih Semai (KBS), yaitu sumber benih yang dibangun dari bahan generatif yang berasal dari pohon plus pada tegakan yang diberi perlakukan penjarangan berdasarkan hasil uji keturunan untuk memproduksi materi generatif (biji).

6.    Kebun Benih Klon (KBK), yaitu sumber benih yang dibangun dari bahan vegetatif yang berasal dari pohon plus pada tegakan yang diberi perlakukan penjarangan berdasarkan hasil uji keturunan untuk memproduksi materi generatif (biji).

7.    Kebun Pangkas (KP), yaitu sumber benih yang dibangun dari bahan vegetatif yang berasal dari klon unggul berdasarkan hasil uji klon untuk memproduksi materi vegetatif.

 

Hal-hal lain terkait sumber benih kita sampaikan pada kesempatan yang akan datang ya, semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan Sobat semua. Jangan lupa tetap patuhi Protokol Kesehatan!...

Baca juga :

https://www.instagram.com/p/CHMjoAeABQD/ dan https://www.instagram.com/p/CI4tc1vgfKh/

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA)
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email               breeding@biotifor.or.id

Website           www.biotifor.or.id

Instagram        https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook        www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube           http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal        http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index