BIOTIFOR JAJAKI KOLABORASI DENGAN QUEENSLAND UNIVERSITY, AUSTRALIA DAN TERVIVA COMPANY, OAKLAND-CALIFORNIA

ADMIN | Kamis , 8-Juli-2021

BIOTIFOR – Ditengah pandemi yang masih melanda, tidak menyurutkan semangat para peneliti di Biotifor Jogja melakukan promosi kegiatan penelitian dan pengembangan ke pihak luar. Seperti halnya kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, (08/07/21), bertajuk Penjajakan Kerjasama, Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP, salah seorang professor yang dimiliki oleh Balai Besar Litbang BPTH mempromosikan Pongamia pinnata atau yang biasa dikenal dengan Malapari ke akademisi Queensland University, Australia dan Terviva Company, Oakland-California, USA

                       

Prof Budi menyampaikan bahwa kegiatan kerjasama penelitian ini sebagai kelanjutan dari kunjungan beliau dengan Cifor ke Queensland University, Brisbane tahun 2017 dalam rangka mempromosikan kemitraan penelitian nasional dan internasional. ”Kemitraan ini antara peneliti dengan mitra bisnis, industri, organisasi masyarakat dan lembaga penelitian lain yang didanai publik,” terangnya.

Dalam paparannya, Prof Budi menjelaskan mengapa mengangkat Malapari sebagai tanaman yang akan diteliti dan dikembangakan dalam kerjasama ini. Disampaikan disana bahwa Malapari merupakan salah satu alternatif spesies lain yang dapat melengkapi pengembangan Nyamplung (Calophyllum inophyllum) sebagai bahan bakar nabati atau dalam kasus ini bahan biodiesel.

”Dengan mendukung pengembangan kemitraan akan dilakukan transfer teknologi, pengetahuan dan gagasan sebagai dasar untuk memperoleh manfaat komersial dan manfaat lain dari penelitian tersebut.” lanjutnya.

                        

Pada diskusi online ini, pihak Queensland University, Australia menghadirkan Prof. Paul Dargusch dan Dr. Alwyn Williams sedangkan Dr. Mitch Harkenrider dari Terviva Company, Oakland-California yang mengembangkan Pongamia, merupakan alumni California University, USA.

Kegiatan kolaborasi ini juga menggandeng mitra kerjasama luar negeri yang sudah lama bermitra dengan Balai Besar Litbang BPTH yaitu Center for International Forestry Research (CIFOR). Himlal Baral, Senior Scientist dari CIFOR merasa bersemangat akan rencana kolaborasi yang akan tercipta ini. Apalagi melihat mitra yang digandeng kali merupakan pihak dari Queensland University, Australia dan Terviva Company, Oakland-California, USA sehingga dia merasa kerjasama yang nantinya akan terjalin ini bermuara pada hal yang baik.

”Proposal akan disusun untuk memfasilitasi kolaborasi yang sukses antara institusi pendidikan tinggi dan bagian lain dari sistem inovasi” tutup Prof Budi mengakhiri sesi diskusi online tersebut.

Lihat juga: Inovasi dan Pengembangan Bahan Bakar Nabati dari Hutan

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA)

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website             : www.biotifor.or.id

Instagram         : https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook          : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube            : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal           : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index