LABORATORIUM BIOENERGI

ADMIN | Selasa , 13-Juli-2021

BIOTIFOR - Laboratorium Bioenergi berperan dalam kegiatan penelitian BBPPBPTH untuk melakukan seleksi dan verifikasi hasil penelitian berdasarkan rendemen minyak dari setiap tahapan proses pembuatan biodiesel. Seleksi dilakukan pada level provenan dan ras lahan maupun individu pohon pada spesies tanaman hutan penghasil bioenergi: nyamplung (Calophyllum inopyllum) dan malapari (Pongamia pinnata) untuk mendukung program pemuliaan dalam menghasilkan benih unggul.

Laboratorium Bioenergi dilengkapi dengan berbagai mesin dan alat untuk menguji rendemen minyak pada beberapa jenis tanaman hutan penghasil bioenergi seperti nyamplung dan malapari yaitu Seed separator, Seed dryer, Simple Screw Press Expeller, Fabricant Mechanical Screw Press Expeller, Biodiesel Processing Unit (reactor), oil filter press, Seed Grinder, Soxhlet Extraction Unit, Distilllation Apparatus, dan perlengkapan laboratorium untuk analisis secara manual (corong, corong pisah, tabung erlenmeyer, gelas ukur, pemanas, kompor magnetik, stirrer, dll.).

Lihat juga: Wawancara Prof Budi Leksono di Lab Bioenergi

Disamping itu untuk pemanfaatan limbah dari proses pembuatan biodiesel agar mengikuti konsep “Zero waste” laboratorium bioenergy dilengkapi dengan alat Phyrolisis untuk pembuatan arang dan asap cair, Crusher dan briquette press untuk pembuatan briket arang, dll.

Hasil dan kegiatan yang telah dilakukan antara lain analisis rendemen minyak nyamplung dari crude oil hingga biodiesel dari 12 provenan dan ras lahan dari 8 pulau di Indonesia serta Tegakan Benih Provenan (TBP) Nyamplung yang telah berbuah di Wonogiri. Untuk malapari telah dilakukan analisis rendemen minyak dari 3 provenan di Jawa dan 50 pohon induk dari provenan Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Hasil penelitian nyamplung untuk biodiesel sudah sering dilaporkan, kali ini disajikan alat-alat dan proses pengujian rendemen minyak malapari (Pongamia pinnata) menggunakan 2 metode ekstraksi, yaitu: 1) metode pengepresan mekanik (mechanical pressing method) menggunakan alat screw press expeller dan 2) metode solven (solvent method) menggunakan Soxhlet Extraction Unit.

Lihat juga: Laboratorium Hama dan Penyakit

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA)
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

 

 

 

Email                 breeding@biotifor.or.id

Website             www.biotifor.or.id

Instagram          https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook           www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube             http://youtube.com/c/BiotiforJogja