KERJASAMA PENELITIAN BBPPBPTH BERSAMA CIFOR DILIRIK INDIA

ADMIN | Sabtu , 17-Juli-2021

BIOTIFOR - Pertemuan tanggal 16 Juli 2021 merupakan kelanjutan penjajakan kerjasama dengan mitra di luar negeri, setelah minggu lalu diskusi dengan Prof. Paul Dargusch dan Dr. Alwyn Williams dari Queensland University, Australia dan Dr. Mitch Harkenrider dari Terviva Company, Oakland-California, USA tentang pengembangan skala industri untuk jenis Malapari (Pongamia pinnata). Diskusi kali ini dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP, salah seorang professor yang dimiliki oleh Balai Besar Litbang BPTH (BBPPBPTH)dengan CIFOR, ICRAF dan Department of Plant Sciences, University of Hyderabad, India.

  

Pada diskusi virtual kali ini, pihak Universitas Hyderabad diwakili oleh Profesor Attipalii Ramachandra Reddy, dan dari CIFOR mengahadirkan Dr. Himlal Baral dan Yustina, MSc. sedangkan dari ICRAF diwakili oleh Dr Shivkumar Dhyani. Pertemuan ini diawali karena ketertarikan Prof. Attipalii saat mengikuti publikasi tentang hasil-hasil penelitian Pongamia dan spesies lain yang dilakukan oleh BBPPBPTH bersama CIFOR belakangan ini.

 

Beliau telah menangani Pongamia selama 10 tahun terakhir bekerjasama dengan Tree Oils India Limited (TOIL), Hyderabad, Negara Bagian Telangana, India. TOIL memiliki jumlah varietas Pongamia tertinggi yang dikumpulkan dan dibudidayakan untuk mengetahui potensi keunggulannya, termasuk penyerapan karbon, biomassa, polong, dan kandungan minyak dari beberapa varietasi serta unsur utama dalam meningkatkan sintesis dan akumulasi minyak pada Pongamia.

  

Baca juga: Biotifor Jajaki Kolaborasi dengan Queensland University, Australia Dan Terviva Company, Oakland-California

 

CIFOR mengutarakan potensi kerjasama untuk saling melengkapi dan berbagi pengalaman dari penelitian yang telah dilakukan oleh kedua belah pihak, dengan mencari donor dari proposal yang akan diajukan dalam proyek pengembangan Pongamia dan spesies lainnya.

 

Tujuan Kerjasama ini adalah dalam rangka meningkatkan potensi Pongamia untuk kelestarian hasil dan juga efektifitas penyerapan karbon dari spesies tersebut yang harus berhasil dieksploitasi secara maksimal sebagai spesies yang paling potensial untuk bahan baku biofuel. Kerjasama ini termasuk pertukaran materi genetik untuk dikembangkan di beberapa negara.***(BL)

  

Lihat juga: Biotifor on Instagram

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA)
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email                breeding@biotifor.or.id

Website                        www.biotifor.or.id

Instagram         https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook          www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube            http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal          http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index