BIOTIFOR SIAP SELENGGARAKAN INAFOR KE-6 STREAM 5

ADMIN | Selasa , 7-Sept-2021

Biotifor.or.id --- Konferensi Internasional Peneliti Kehutanan Indonesia ke-6 (The 6th International Conference of Indonesia Forestry Researchers) atau INAFOR ke-6 2021 Sub Tema ke-5 Upaya memotong rantai penularan COVID-19 dan penanganan dampak kesehatan dan ekonomi (Cutting COVID-19 transmission, handling health and economic impacts) yang akan digelar secara virtual pada hari Rabu, 8 September 2021 mulai jam 09.00 WIB dan akan dihadiri oleh +300 peserta.

Konferensi ini diselenggarakan sebagai respon atas kejadian luar biasa yang terjadi di Wuhan Cina pada Bulan Desember 2019 yaitu dengan munculnya Coronavirus jenis baru pada manusia yang kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2). Virus ini menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19) yang telah menyebar ke seluruh dunia dan dinyatakan sebagai darurat kesehatan masyarakat internasional oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Pemerintah Republik Indonesia telah melakukan tindakan masif dalam menanggulangi pandemi COVID-19 dan mendorong pemanfaatan Iptek dan inovasi untuk menemukan dan mengembangkan alat diagnostik dan pilihan pengobatan.

Terkait dengan bidang ekologi dan kehutanan, beberapa sumber daya dan keanekaragaman hayati dari hutan telah dimanfaatkan untuk meningkatkan kekebalan dan membuat obat untuk virus corona. Banyak penelitian tentang bioprospeksi tanaman hutan telah dilakukan untuk menemukan tanaman obat yang potensial sebagai antivirus. Beberapa sumber daya hayati dan keanekaragaman hayati dari hutan telah dimanfaatkan untuk obat-obatan herbal untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

INAFOR ke-6 2021 Stream 5 menghadirkan empat pembicara utama yang mumpuni di bidangnya berkaitan dengan tema yang diusung. Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, MSc, PhD, (Direktur Utama BPJS Kesehatan) akan menyampaikan materi penelitian dan inovasi dalam era pandemi COVID-19. Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt. (Dosen Fakultas Farmasi UGM) akan memberikan pengetahuan tentang bagaimana proses penemuan obat dari sumberdaya hutan. Sementara itu Kepala Balittro, Dr. Ir. Evi Safitri Iriani, M.Si akan  memperkaya wawasan tentang potensi rempah-rempah, tanaman obat dan aromatik untuk membantu mengatasi COVID 19. Pembicara Dr. Robert Nasi (Direktur Jenderal CIFOR) hadir membahas dampak ekonomi dari pandemi COVID. Panel akan dipimpin oleh Dekan Fakultas Farmasi Prof. Dr. Agung Endro Nugroho, S.Si., M.Si., Apt.

Dengan INAFOR ke-6 2021 ini diharapkan dapat menggali potensi sumber daya hutan untuk mengurangi dampak COVID 19. Dengan pelaksanaan penelitian dan pengembangan terpadu tentang hutan dan lingkungan dari banyak negara, dapat membantu untuk melindungi dunia dari pandemi. Selain itu, jejaring dan sinergi antar ilmuwan dari berbagai bidang ilmu sangat diperlukan untuk mengoptimalkan produk dan penelitian serta inovasi.

 

Hadiri dan sukseskan INAFOR ke-6 2021 dengan bergabung di link zoom dengan meeting id: 935 7253 5204  passcode: inafor. Bagi yang belum mendaftar silahkan klik registration link: bit.ly/INAFOR2021_Stream5reg 

 

 

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA):

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email               breeding@biotifor.or.id

Website           www.biotifor.or.id

Instagram        https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook        www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube           http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal        http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index