THE BEST WAY TO PREDICT THE FUTURE IS TO CREATE IT

ADMIN | Selasa , 5-Okt-2021

Biotifor.or.id – Cara terbaik untuk mengetahui masa depan adalah dengan menciptakannya”, atau dalam istlah bahasa Inggrisnya adalah "The best way to predict the future is to create it”.

Hal itu disampaikan oleh Plt. Kepala Badan Standardisasi dan Instrumen, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSI KLHK), Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc., mengutip kata-kata bijak dari Dr. Forest C. Shaklee saat memberikan pembinaan kepada karyawan dan karyawati BBPPBPTH, secara faktual maupun virtual, Jumat (01/10/2021).

“Saya berharap teman-teman alumni BLI ini harus menjadi bagian dari masa depan, apabila kita ingin memprediksi masa depan ya harus kita ciptakan, menciptakan masa depan hanya bisa kita lakukan kalau kita mempunyai inspirasi dan inovasi,” pesan Dr. Agus kepada seluruh peserta pembinaan terkait transisi BLI ke BSI.

Kabadan juga menyampaikan bahwa pembentukan satgas transisi dari BLI ke BSI dalam rangka exit strategy yang diperintahkan oleh Menteri LHK. “Exit strategy itu yang harus kita rumuskan karena hanya dengan exit strategy yang terukur, reliable dan visible itu yang bisa diimplementasikan”, tambahnya.

Selain itu, seluruh personil di BBPPBPTH juga diharapkan sudah menyiapkan exit strategy, contohnya seperti alih jabatan fungsianal, karena kompetisi untuk menjadi strukturan semakin sedikit. “Para peneliti juga sudah ada yang alih fungsional, tetapi ada juga yang tetap memilih sebagai peneliti dan teknisi litkayasa. Namun kita harus dalam posisi dapat berpikir tenang dan positif, sehingga tidak ada kegalauan yang berlebihan”, sambungnya.

Pesan lain adalah seluruh alumni BLI harus kompak, solid dan saling membesarkan hati, dan jangan sampai terjadi konflik, karena ketika ada masalah potensi konflik sangat besar. “Anggap saja kita ini adalah keluarga besar yang saling mengingatkan dimanapun kita nanti, walaupun kita sudah tidak dalam satu perahu lagi tapi kita tetap satu keluarga”, tuturnya.

Ia juga berharap alumni BLI percaya diri, dan tetap bangga pernah bersama-sama di BLI. “Terutama dengan karya-karya yang sudah teman-teman hasilkan selama di BLI, banggalah dengan apa yang kita miliki dan apa yang telah kita capai”, harap Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) ini.

Kabadan juga menegaskan saat ini menjadi momentum untuk menunjukkan siapa dan kapasitas kita, karena dimanapun posisi kita harus bisa survive, maka dari itu networking dari alumni BLI itu harus tetap dijaga.

Pada akhir acara, Kepala BBPPBPTH, Dr. Nur Sumedi, S.Pi.,MP yang mendampingi Kabadan menyampaikan bahwa adaptasi dan selalu bersyukur adalah sesuatu yang penting dimanapun berada,  karena akan menguatkan kita dalam menjalani semua aktifitas sehari-hari.

 

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA):
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email               : breeding@biotifor.or.id

Website           : www.biotifor.or.id

Instagram        : https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook        : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube           : http://youtube.com/c/BiotiforJogja