DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN WONOGIRI MELIRIK BBPPBPTH DALAM PENGEMBANGAN ARBORETUM

ADMIN | Kamis , 7-Okt-2021

BIOTIFOR- Sekitar empat tahun yang lalu, kami sudah pernah ke Balai Besar Litbang BPTH untuk belajar mengenai pembangunan arboretum dan sekarang kami kembali lagi untuk belajar mengenai pengembangannya, ungkap Endang Lisdianingsih, Kabid Pengendalian Kerusakan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Konservasi Sumber Daya Alam Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo kepada Rinto Hidayat Kasie Data Informasi dan Diseminasi Balai Besar Litbang BPTH (06/10/2021)

Tujuan dari kunjungan tim Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo tersebut lebih untuk menggali jenis-jenis tanaman langka yang memang ingin dikoleksi di arboretum Dinas Lingkungan Hidup tersebut.

”Arboretum kami biasanya digunakan oleh anak-anak sekolah di Wonosobo untuk belajar sehingga kami ingin keragaman dalam jenisnya sehingga anak-anak dapat belajar lebih” tambah Endang.

Rinto yang pada kesempatan tersebut mewakili Kepala Balai Besar Litbang BPTH menyambut dengan tangan terbuka kedatangan tim dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo.

                                         

”Salah satu arboretum yang kami miliki koleksi tanaman jenis langka, yang telah kami koleksi, teliti dan sebagian sudah didistribusikan kepada yang membutuhkan. Keberadaan jenis tanaman langka mempunyai potensi untuk dikembangkan baik dalam bentuk arboretum, hutan kota maupun bentuk lainnya. Upaya koleksi, perbanyakan, distribusi, inventarisasi dan pemeliharaan tanaman langka diperlukan untuk menjamin kehidupannya. Silakan dilihat-lihat dan kami siap apabila tim dari Dinas LH Kab Wonosobo ingin mengeksplore lebih dalam”, terang Rinto.

Christiyogo Kasie Pengendalian Kerusakan dan Pengendalian Hukum Dinas Lingkungan Hidup Kab Wonosobo yang ikut dalam tim kunjungan menyampaikan bahwa arboretum disana sudah dua tahun ini terbengkelai karena awalnya kami ingin mengkhususkan untuk tanaman endemik Wonosobo namun banyak keterbatasan dan hambatan yang kami temui dalam perjalanannya.

”Karena ternyata pengetahuan yang kami miliki masih terbatas, sehingga kami ingin menimbanya dari sini”, tambahnya.

Yuliah, peneliti bidang konservasi dan pengaruh hutan dari Balai Besar Litbang BPTH yang ikut menyambut, menceritakan bahwasannya dalam membangun arboretum tanaman langka memang harus bersabar karena setiap jenis tanaman memiliki karakter unik sehingga membutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

                                                                        

”Jenis tanaman langka yang kami miliki cukup banyak macamnya namun untuk saat ini jumlah bibitnya terbatas dikarenakan banyaknya minat dari banyak pihak yang ingin mengkoleksinya juga” ungkap Yuliah.

Selama berkeliling arboretum, Dwi Wahyudi, staf dari seksi KKP yang juga ikut mendampingi menyampaikan bahwa jika ingin membuat arboretum itu harus didasarkan dari hobi, karena tanaman langka itu memang memiliki keunikan tersendiri dan mencarinya tidak mudah sehingga apabila didasari dengan hobi maka akan lebih mudah tercipta.

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA):
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email                breeding@biotifor.or.id

Website            www.biotifor.or.id

Instagram          https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube            http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal          http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index