Laboratorium Kultur Jaringan

ADMIN | Rabu , 24-Juli-2013

Laboratorium Kultur jaringan merupakan salah satu bagian dari kelompok peneliti (Kelti) Bioteknologi Tanaman Hutan. Di laboratorium ini dilakukan kegiatan pembiakan vegetative mikro.

Metode kultur jaringan dikembangkan untuk membantu memperbanyak tanaman, khususnya untuk tanaman yang sulit dikembangbiakkan secara generatif. Bibit yang dihasilkan dari kultur jaringan mempunyai beberapa keunggulan, antara lain: mempunyai sifat yang identik dengan induknya, dapat diperbanyak dalam jumlah yang besar sehingga  tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas, mampu menghasilkan bibit dengan jumlah besar dalam waktu yang singkat, kesehatan dan mutu bibit lebih terjamin, kecepatan tumbuh bibit lebih cepat dibandingkan dengan perbanyakan konvensional. 

 Dengan adanya lab kultur jaringan di BBPBPTH ini maka diharapkan jenis – jenis yang sedang dilakukan penelitian dan pengembangannya akan lebih mudah diketahui jenis apa saja yang bisa dikembangkan melalui metode kultur jaringan dan mempercepat produksi untuk dikembangkan lebih lanjut.