BBPBPTH, Berprestasilah Lebih Tinggi Lagi!

ADMIN | Kamis , 17-Okt-2013

Konferensi Internasional INAFOR ke-2 telah dilaksanakan pada 27 s/d 28 Agustus 2013. Konferensi ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementeria Kehutanan, Dr. Hadi Daryanto, mewakili Menteri Kehutanan. Pembukaan The 2nd INAFOR 2013 ini dilaksanakan terintegrasi dengan puncak acara peringatan 100 tahun Kelitbangan Kehutanan Indonesia.

Menteri Kehutanan dalam sambutannya mengatakan, “Bagi para peneliti Kehutanan dari instansi lain yang mengikuti Konferensi Internasional INAFOR ke-2, saya berharap bahwa pertemuan puncak para peneliti kehutanan se-Indonesia dengan melibatkan pembicara asing ini dapat menjadi media tukar informasi hasil IPTEK”.

”Semangat untuk terus memberikan yang terbaik dan memberikan arah bagi perjalanan pengelolaan kehutanan di masa datang harus terus diperjuangkan bagi para scientist kehutanan yang sekarang terkumpul,” kata Dr. Iman Santoso, Kepala Badan Litbang Kehutanan saat menyampaikan laporan.

Semangat itu pula yang telah mengantarkan salah seorang dari peneliti senior Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH), yaitu Dr. Ir. Budi Leksono, MP. meraih penghargaan sebagai Peneliti Utama Terbaik Badan Litbang Kehutanan tahun 2013.



Pemberian penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri kehutanan disela-sela paparan materi pembicara kunci yang terdiri dari sembilan materi, yaitu :

1. IUFRO and the coming IUFRO World Congress 2014, Wakil Presiden IUFRO, Dr. Su See Lee
2. Forest for People: The Political Dimension, Direktur General CIFOR
3. Multifunctional Landscape and Sustainable Rural Development, Coordinator Regional ICRAFSoutheast Asia Regional, Ujjwal Prasad Pradhan. PhD
4. Forest and Water Interactions, Direktur FRIM, Dato Dr Abd Latif Mohmod
5. Forest and Food Security, CIRAD, Dr Yves Laumonier
6. Land use Planning and Policy Integration, Direktur Tropenbos International, Prof. Dr.R.G.A (Rene) Boot
7. Forests and Forest Products for a Greener Future, Deputi Direktur Jenderal INBAR, Dr. LI Zhiyong –
8. The Role of Marutaku Sheet and Mycorrhizal Fungi for Rehabilitating Degraded Forest in Slope Condition, Presiden Yamaguchi University, Prof. Takuya Marumoto
9. Climate Change and Forest Fire in Peat Soil, Hokkaido University, Prof. Mitsuru Osaki

Pada tanggal 28 Agustus 2013, acara dilanjutkan dengan sidang komisi The 2nd INAFOR 2013 di Menara Peninsula Jakarta dengan menyajikan 79 paper, 11 paper diantaranya berasal dari BBPBPTH. Pada sesi poster presentation, 14 poster dari BBPBPTH tampil diantara 81 poster yang lolos seleksi. Paper dan poster mencakup 7 (tujuh) topik yaitu forest for people, forest biodiversity and ecosystem services, forest and climate change, forest and water interactions, forest biomass and bioenergy, forests and forest products for a greener future, dan forest health in a changing world.

Sebulan sebelumnya BBPBPTH juga mendapat penghargaan dari Kepala Badan Litbang Kehutanan sebagai Pengunjung Aktif Online Perpustakaan “R.I. Ardi Koesoema” Badan Litbang Kehutanan. Harapan ke depan dengan penghargaan-penghargaan yang diterima BBPBPTH tersebut dapat memacu untuk berprestasi lebih tinggi lagi.