PELEPASAN BIBIT UNGGUL DI KAB. PACITAN

ADMIN | Senin , 6-Jan-2014

PELEPASAN BIBIT UNGGUL DI KAB. PACITAN


Salah satu kegiatan pengembangan hasil pemuliaan tanaman yang dilakukan BBPTH adalah pengembangan bibit unggul hasil pemuliaan kepada masyarakat serta penyediaan benih unggulnya di kemudian hari melalui pembangunan Kebun benih di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.


Kabupaten Pacitan dipilih, karena di daerah ini sebagian besar wilayahnya merupakan hutan yang mayoritas berupa hutan rakyat. Dengan dukungan empat industri besar pengolahan kayu, maka sektor hutan rakyat menjadi andalan dalam menopang perekonomian bagi masyarakat Pacitan. Dengan kondisi tersebut kebutuhan bibit, khususnya bibit unggul dirasakan sangat penting untuk disediakan.


BBPBPTH sebagai instansi pemerintah yang bertugas melakukan pemuliaan tanaman hutan dan telah menghasilkan benih unggul melalui program pemuliaan yang telah dilakukan, merasa perlu untuk melakukan pengembangan hasil penelitiannya di Kabupaten Pacitan.


Maksud dari kegiatan ini adalah dengan memberikan bantuan bibit unggul kepada masyarakat dalam jangka pendek dan kedepan akan menyediakan sumber benih unggul yang berasal dari Kebun Benih Semai (KBS) yang saat ini telah terbangun di Pring Kuku, Kecamatan Wunung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jenis yang digunakan untuk kegiatan pengembangan ini adalah jenis Mangium (Acacia mangium) dan Jabon merah (Antochepalus machropyllus)


Kebun benih semai jenis A. mangium dibangun seluas 1 ha. Materi genetik yang digunakan untuk membangun KBS ini dari KBS F-2 (generasi kedua) di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur yang berasal dari provenan di PNG (Papua Nugini). Sedangkan untuk KBS Jabon merah seluas 1 ha berasal dari provenan Konawe (Sulawesi).


Bibit unggul untuk pengembangan Hutan rakyat di Pacitan dilakukan di Desa Ketepung dan Wonogondo Kecamatan Kebon Agung, dengan jumlah bibit 10.000 batang yang terdiri dari 8.000 bibit Mangium dan 2.000 bibit Jabon merah. Pola pendistribusian bibit dilakukan melalui kelompok tani yang akan dikoordinir oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Pacitan dan arahan dari Tim BBPBPTH Yogyakarta agar perkembangan bibit ini dapat dimonitor dan dievaluasi. Penyerahan bibit unggul kepada masyarakat ini dilakukan pada tanggal 18 Desember 2013 yang dari BBPBPTH yang diwakili Dr. Arif Nirsatmanto kepada Pemerintah Kab. Pacitan yang diwakili Kabid Kehutanan Dishutbun Kab. Pacitan Wardoyo, S. Hut.MM. Selanjutnya bibit tersebut diserahkan oleh Pemerintah Kab. Pacitan kepada masyarakat yang diwakili oleh masing-masing Kepala Desa. (fas)