Field Trip Politeknik Jember

ADMIN | Selasa , 18-Feb-2014

YOGYA (biotifor.or.id) Dalam rangka menambah pengetahuan dan memperluas wawasan, mahasiswa Politeknik Negeri Jember mengadakan field trip ke Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH). Kegiatan tersebut diikuti oleh tiga puluh enam orang mahasiswa Jurusan Produksi Pertanian Program Studi Teknologi Produksi Benih. Rombongan dipimpin oleh Dr. Ir. Rahmat Ali Syaban, M.Si, selain itu juga didampingi oleh dua orang dosen dan seorang teknisi.



Dalam sambutannya Kepala BBPBPTH memberikan penjelasan singkat tentang kegiatan-kegiatan penelitian yang telah dilakukan, dan mempersilakan apabila nanti ada mahasiswa yang akan melakukan PKL atau penelitian akan diterima dengan tangan terbuka. Dalam sambutan balasannya Dr. Ir. Rahmat Ali Syaban, M.Si, menyampaikan bahwa dalam kunjungannya kali ini selain untuk menambah pengetahuan mahasiswanya juga sekaligus para dosennya. Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa tujuan ke BBPBPTH ini untuk mendapatkan masukan yang sebanyak-banyaknya berkaitan dengan bioteknologi khususnya tanaman keras. Selama ini yang dilakukan di Politeknik Jember adalah tanaman pangan dan hortikultura.



Selanjutnya pemaparan materi dilakukan oleh beberapa peneliti, yang pertama Teknik Penanganan Benih Tanaman Hutan (Dedi Setiadi, S.Tp.,M.Sc), Teknik Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Hutan (Nur Hidayati, S.Hut.,M.Sc), dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Hamdan Adma A., S.Hut.,M.Sc). Kemudian peserta field trip menuju Laboratorium Kultur Jaringan untuk menerima penjelasan dari Ir. Toni Herawan, MP tentang Teknologi Perbanyakan Tanaman Hutan dengan kultur jaringan.(mna)