AKREDITASI JURNAL ADALAH PRESTASI DAN PRESTISE LEMBAGA LITBANG

ADMIN | Rabu , 5-April-2017

BOGOR (biotifor.or.id.) – Menurut  Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si. bahwa dalam pengelolaan jurnal harus ada upaya luar biasa baik itu secara kuantitas maupun kualitas, ketrampilan maupun  komitmen dari seluruh pengelola jurnal agar jurnal di Badan Litbang ini mendapatkan akreditasi, itulah prestasi dan prestise kita sebagai lembaga litbang.  

Hal tersebut di atas dikatakan oleh Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi pada saat membuka acara Workshop Pengelolaan e-journal lingkup Badan Litbang dan Inovasi tahun 2017, di ruang rapat Sekretariat, Kampus BLI Gunung Batu Bogor pada hari Kamis (30/03/2017).

"Kepada seluruh pengelola jurnal untuk lebih bersemangat dan tidak ada kata susah, jika kita berkata bisa maka semua masalah akan bisa diatasi, sehingga akreditasi seluruh jurnal yang ada di Badan Litbang akan tercapai", tegas Sekbadan. Beliau berharap pengelolaan jurnal lingkup Badan Litbang berpedoman pada peraturan LIPI No 3 tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah.
 
Dalam peraturan terbaru tersebut terdapat beberapa unsur kriteria baru dalam penilaian akreditasi yaitu unsur penyebaran atau diseminasi yang semula dikirimkan melalui pos menjadi kunjungan di website; unsur format yang sebelumnya tercetak diharuskan semua jurnal mempunyai format elektronik sehingga dalam pengelolaannya harus secara online menggunakan aplikasi OJS (Open Journal System). Selain itu setiap artikel harus memiliki nomor Digital Object Identifier (DOI).

Pada kesempatan tersebut juga hadir sebagai moderator Kepala Bagian Evaluasi Diseminasi dan Perpustakaan (EDP) yaitu Dr. Kristiana Tri Wahyudiati. Beliau berkata, “Saat ini badan litbang dan Inovasi telah memiliki portal publikasi yang berisi 17 jurnal dari pusat litbang dan Balai  di seluruh Indonesia dan hanya Hanya 1 jurnal BLI yang tidak bergabung dalam portal tersebut, yaitu jurnal Walaccea yang dikelola oleh BP2LHK Makassar”

Acara ini berlangsung selama dua hari yaitu  tanggal 30 s/d 31 Maret 2017. Pada hari pertama dengan materi : 1) sosialisasi  jurnal online EBSCO; 2) Sosialisasi jurnal online CABI; 3) sharing pengelolaan jurnal oleh ketua dewan redaksi Jurnal IJFR dan 4) Kebijakan pengelolaan jurnal berdasarkan Perka LIPI no 3 tahun 2014.

Pada hari kedua adalah praktek dan sharing pengelolaan OJS yang dipandu oleh Tim Sekretariat BLI yaitu Tutik Sriyati, S.Sos; Suhardi Mardiansyah, A.Md dan Uus Danu Kusumah dengan materi : 1) manajemen penerbitan OJS; 2) praktek mengelola DOI dan eksport XML ke crossreff; 3) praktek input dan upload back issue jurnal ; 4) praktek indeksasi jurnal di portal garuda, google schoolar dan DOAJ serta 5) pemanfaatan aplikasi mendeley.

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan sebagai salah satu UPT badan Litbang yang memiliki Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan yang sudah terakreditasi LIPI, mengirimkan 2 orang pengelola jurnal untuk mengikuti workshop ini yaitu Endang dwi Lestariningsih, SIP dan Dewi Sartika, S.Kom.

“Tidak ada workshop yang sempurna, semua pasti ada kekurangan, namun saya berharap workshop ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh pengelola jurnal lingkup BLI. Setelah ini  bawa pulang ilmunya, jangan disimpan, terapkan dan amalkan di unit kerja masing-masing” kata Dr Sylvana pada saat menutup acara workshop setelah sebelumnya meminta testimoni pelaksanaan workshop dari 2 orang peserta.(EDL)

 

Editor: Lukman Hakim