MASA DEPAN PERTANIAN INDONESIA ADA DIPUNDAK GENERASI MUDA

ADMIN | Jumat , 7-April-2017

YOGYA (biotifor.or.id) – Masa depan pertanian di Indonesia sebagai bangsa agraris ada di pundak generasi muda. Termasuk para mahasiswa Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Namun sayangnya, bidang ini sudah jarang diminati oleh calon mahasiswa.

Hal ini disampaikan oleh Ir. Agung Astuti, M.Si, dihadapan 140 mahasiswa peserta Kunjungan Lapangan di Kantor Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta, Selasa (04/04/2017).

“Kegiatan kunjungan lapangan bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa pengikut mata kuliah TIPA dan Teknik Formulasi & Produksi Biofarming (TFPB),” kata dosen mata kuliah Teknik Isolasi dan Perbanyakan Agensia (TIPA) ini.

Rombongan dari UMY diterima oleh Retisa Mutiaradevi, S.Kom,.M.Ca Kabid Data, Informasi dan Kerjasama (DIK) dan membuka kesempatan kepada para peserta kunjungan untuk memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada di B2P2BPTH seperti persemaian, laboratorium, serta perpustakaan maupun publikasi-publikasi ilmiah yang sudah diunggah di website.

“Jadi setelah kunjungan ini silahkan adik-adik bisa datang memanfaatkan perpustakaan kami, ataupun beberapa fasilitas yang lain,” kata Retisa.

Kerjasama yang lebih intens antara B2P2BPTH dengan UMY seperti kegiatan magang mahasiswa atau penelitian mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir.  Mahasiswa yang melakukan magang dan penelitian di masa depan, akan diwadahi dengan MoU antara B2P2BPTH dengan UMY. 

Sebagai ketua rombongan, Agung menyambut baik tawaran tersebut. “Jadi silakan dari peserta kunjungan kali ini apabila ada yang tertarik untuk melakukan magang atau penelitian di sini.”

Kegiatan ini juga merupakan upaya untuk mendekatkan mahasiswa pada dunia kerja, khususnya perbanyakan bibit unggul Kultur in Vitro serta Produksi Biopestisida dari Bakteri, Jamur, ekstrak nabati dll.

Kunjungan ke beberapa fasilitas penelitian di B2P2BPTH diterima dan dipandu oleh para peneliti. Kunjungan di Laboratorium Bioenergi oleh Prof. (Ris). Dr. Ir. Budi Leksono, MP. dan Eritrina Windyarini, S.Hut.,M.Sc., di persemaian oleh Dedi Setiadi, S.TP.,M.Sc., sedangkan di Laboratorium Kultur Jaringan oleh Ir. Toni Herawan, M.Sc. dan Fitry Ardhani, S.Hut.,M.Sc.

Menurut Bernadhita salah seorang mahasiswa, bahwa kunjungan ini sangat menyenangkan karena bisa menambah ilmu lebih tentang kultur jaringan dan aklimatisasi beberapa tanaman hutan. Ia juga berharap agar hasil-hasil penelitian dapat di manfaatkan oleh masyarakat luas.

“Saya terkesan sekali berkunjung kesini walaupun baru pertama kali, mendapatkan ilmu tentang pemuliaan pohon hutan. Harapan saya, bisa melakukan penelitian di sini”, seru Istiqomah mahasiswa lainya.(mna)

Editor: Lukman Hakim

 

Foto: EdyWibowo/BBPPBPTH