SUMBANGSIH BIBIT TANAMAN LANGKA B2P2BPTH PADA HARI BUMI DI ISI SURAKARTA

ADMIN | Selasa , 9-Mei-2017

SURAKARTA (biotifor.or.id) “Harapan kami di kampus II Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dapat menjadi hutan kota di lingkungan mahasiswa, yang artinya dapat memberikan manfaat berupa udara segar, pengaturan air untuk mencegah terjadinya banjir, menjadi tempat destinasi wisata, dapat mengurangi dampak cuaca yang buruk” kata Prof. Dr. Sri Rochana Widyastutieningrum, S.Kar., Rektor ISI Surakarta saat Peringatan Earth Celebration Day (Hari Bumi) di Kampus ISI Surakarta, Jum’at (28/04/2017).

Pada kegiatan ini, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan (B2P2BPTH) Yogyakarta menyumbang tanaman langka Hasil Pengembangan dari B2P2BPTH yang menjadi harapan Rektor ISI Surakarta untuk dapat menjadi hutan kota di Mojosongo. Kegiatan ini juga diadakan penandatanganan Material Transfer Agreement, antara B2P2BPTH, SMPN3 Surakarta (ESTELU “79) dan ISI Surakarta di Kampus II.

Kepala B2P2BPTH Yogyakarta, Ir. Tandya Thahjana, M.Si menyerahkan materi genetik berupa 12 jenis bibit Tanaman Langka dan Tanaman Hasil Pemuliaan kepada ISI Surakarta dalam rangka Materials Transfer Agreement sekaligus

“Kami sangat berterima kasih sekali, karena diberi kesempatan untuk mengimplementasikan hasil karya kami, dalam hal ini kami mencoba membuat semacam arboretum dengan menanam 12 jenis yang merupakan hasil pemuliaan dari para ahli kami” Ujar Kababes saat sambutannya.

Endang Sri Rejeki, SE., perwakilan dari ESTELU ’79 juga mengatakan Kampus II ISI Surakarta ingin menjadikan kampus ini kampus yang hijau, ternyata didukung oleh banyak pihak dan salah satunya dari BBPPBTH Yogyakarta.

“Tanaman langka hasil litbang BBPPBPTH dapat disinergikan dengan seni diantara keris, wayang, krea seni dan lain-lain” tambah Endang.

Tanaman langka dan Tanaman Hasil Pemuliaan yang diserahkan dari BBPPBPTH ada 12 jenis diantaranya Kenari, Jambu Dersono Mawar, Kemenyan, Nogosari, Pronojiwo, Mundu, Timoho, Gayam, Dewondaru, Glondokan, Sukun dan Mangium.

Diakhir event, dilakukan Penyerahan bibit secara simbolis dan sekaligus penanaman bibit secara masalah dilakukan di lingkungan kampus II, dilakukan bersama antara perwakilan dari ISI Surakarta, B2P2BPTH dan Siswa-siswi SMP Negeri 3 Surakarta, sebagai bentuk nyata kegiatan penghijauan lingkungan.

Rangkaian acara ini sekaligus reuni Alumni SMP Negei 3 Surakarta antara Ir. Tandya Tjahjana M.SI beserta rekan-rekan alumni dengan siswa-siswi aktif yang tergabung dalam anggota OSIS. (BW)

Editor: Lukman Hakim

 


Foto: Edy Wibowo/BBPPBPTH