PARTISIPASI PAMERAN B2P2BPTH SELAKU PENYANDANG GELAR PUI PADA PERHELATAN IUFRO-INAFOR TAHUN 2017

ADMIN | Rabu , 9-Agust-2017


YOGYA (biotifor.or.id) – Peran inovasi dan teknologi yang bermanfaat pada pengguna berkontribusi nyata pada pertumbuhan ekonomi nasional. Upaya untuk memperkuat kelembagaan Iptek, Kemenristek Dikti menelurkan program pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI) untuk lembaga Perguruan Tinggi, Litbang, dan Daerah.

Dengan harga inovasi, maka produk-produk dalam negeri akan dapat bersaing dengan produk luar negeri. Industri dalam negeri diharapkan dapat memanfaatkan hasil inovasi yang dihasilkan oleh para peneliti, sehingga produk-produk unggulan iptek secara intensif akan dihilirasi.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta pada tahun 2016 termasuk 3 lembaga yang ditetapkan sebagai PUI Pemuliaan tanaman Hutan Tropis langsung dengan nilai akhir 831,53.

B2P2BPTH Yogyakarta berpartisipasi dalam kegiatan pameran dalam penyelenggaraan IUFRO-INAFOR pada tanggal 24-25 Juli 2107 di Hotel Alana Yogyakarta. Booth pameran PUI Pemuliaan Tanaman Hutan Tropis dengan ukuran 4x2m.

Materi pameran antara lain beberapa hasil litbang seperti Kayuputih, Jati Purwo, Sengon, Nyamplung, Acacia mangium, A. auriculiformis, Eucalyptus pellita dll. Pengunjung pameran dapat memperoleh informasi dari publikasi ilmiah cetak seperti Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan, Wana Benih, Informasi Teknis, leafleat, buku, serta banner. Selain itu juga ditampilkan contoh produk berupa benih unggul Acacia mangium, A. auriculiformis, Eucalyptus pellita dan minyak kayu putih.

Diharapkan para pengunjung, khususnya para pengguna hasil Iptek dari perusahaan sektor kehutanan baik swasta maupun BUMN/BUMD mendapatkan informasi yang konprehensif tentang hasil-hasil litbang yang telah dicapai oleh B2P2BPTH Yogyakarta.(nn&mna)

 

Editor ; Lukman hakim