BioTECH EXPO 2017

ADMIN | Rabu , 13-Sept-2017

YOGYA (biotifor.or.id) – Dalam rangka sosialisasi perkembangan, potensi dan aplikasi bioteknologi di bidang lingkungan, industri dan kesehatan para siswa, mahasiswa dan masyarakat luas, maka kami menyelenggarakan BioTECH EXPO 2017.

Hal ini disampaikan Zenri Voltado Fiskal saat sambutan pembukaan BioTECH EXPO 2017 di Atrium Gedung Agape Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Yogyakarta, Senin (11/9/2017).

“Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, apresiasi dan minat generasi muda untuk menekuni bidang bioteknologi sekaligus sebagai wadah krativitas siswa dan mahasiswa dalam pengembangan ilmu, wawasan di bidang bioteknologi,” Kata Ketua BioTECH EXPO tahun ini.

Beberapa kegiatan BioTECH EXPO 2017 yang diselenggarakan selama 3 hari ini antara lain  pameran, Laboratorium-Trip, Workshop, Lomba Mading tingkat SMA. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta diundang oleh panitia penyelenggara untuk mengisi booth pameran dengan menampilkan hasil penelitian terkait PUI  Pemuliaan Tanaman Hutan Tropis.

Pameran ini dikunjungi tidak hanya oleh para mahasiswa UKDW, namun para pelajar SMA se Yogyakarta. Materi pameran berupa hasil litbang seperti Kayuputih, Jati Purwo, Sengon, Nyamplung, Acacia mangium, A. auriculiformis, Eucalyptus pellita. Publikasi ilmiah cetak Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan, Wana Benih, Informasi Teknis, leafleat, buku, serta banner dibagikan kepada pengunjung. Sedangkan produk yang ditampilakn berupa benih unggul Acacia mangium, A. auriculiformis, Eucalyptus pellita dan minyak kayu putih.


ILG Nurtjahjaningsih, Ph.D tampil sebagai nara sumber Workshop pada hari pertama dengan judul pemaparan “Peran Genetika Molekuler terhadap Konservasi Keragaman Hayati”. Sedangkan dan pada hari kedua, Fitry Ardhani, S.Hut.,M.Sc. menyampaikan paparan tentang Kultur Jaringan tanaman hutan.

 

Editor : Lukman Hakim