INDEKS OVERLAP DAN SINKRONISASI PEMBUNGAAN DALAM KEBUN BENIH KAYUPUTIH (Melaleuca Cajuputi) DI PALIYAN, GUNUNGKIDUL

ADMIN | Selasa , 3-Okt-2017

YOGYA (biotifor.or.id) – Salah satu aspek penting di kebun benih adalah informasi tentang sinkronisasi pembungaan. Pembungaan yang sinkron mendukung terjadinya perkawinan silang secara acak sehingga perolehan genetik yang dihasilkan dapat optimal.

Penelitian tentang sinkronisasi pembungaan dilakukan di kebun benih kayuputih di Paliyan, Gunungkidul, berdasarkan fenogram dan indeks overlap selama 2 periode pembungaan (2010-2011). Hasil penelitian ini menunjukkan lebih dari 75% famili penyusun di kebun benih memiliki pembungaan yang sinkron dengan puncak pembungaan terjadi pada akhir Januari sampai awal Februari.

Sebanyak 90% famili memiliki nilai indeks overlap lebih dari 0,8 meskipun terdapat juga 2 famili dari Australia bagian barat dan Australia bagian utara yang memiliki nilai indeks overlap sangat rendah (<0,6).

Sebagai implikasinya adalah bahwa benih yang dihasilkan dari kebun benih kayuputih di Paliyan mempunyai potensi genetik yang bagus karena merupakan hasil produksi dari 75% pohon-pohon di kebun benih Paliyan.

Penelitian yang dilakukan oleh Noor Khomsah Kartikawati ini merupakan salah satu naskah dalam Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan (JPTH) Vol. 9, No. 2, Tahun 2015.


Untuk mendapatkan naskah dalam bentuk PDF bisa klik:  http://dx.doi.org/10.20886/jpth.2015.9.2.91-102