KUNJUNGAN BALASAN MAHASISWA UKDW KE KANTOR B2P2BPTH YOGYAKARTA

ADMIN | Kamis , 19-Okt-2017

YOGYA (biotifor.or.id) – Menurut Dra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si bahwa tujuan kunjungan Mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) ini adalah untuk melihat secara langsung aplikasi ilmu bioteknologi untuk kegiatan litbang di bidang kehutanan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta.

Rombongan 90 mahasiswa UKDW ke kantor ini merupakan kunjungan balasan atas partisipasi B2P2BPTH dalam pameran Bio Tech Expo 2017 yang kami selenggarakan pada bulan September 2017,” kata Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Bioteknologi UKDW di selasar kantor B2P2BPTH Yogyakarta, Rabu (18/10/2017).

Kedepan diharapkan terjalin kerjasama tentang bioteknologi antara B2P2BPTH dengan UKDW bisa terus terjalin sehingga mahasiswa dapat memperluas pengetahuanya tentang bioteknologi, terutama perkembangan aplikasinya untuk menyelesaikan berbagai masalah di masyarakat.

Rombongan diterima oleh Lukman Hakim, S.Hut.,MP menjelasankan secara singkat tentang kegiatan penelitian dan pengembangan di B2P2BPTH. “Kami telah mengaplikasikan ilmu bioteknologi tidak hanya untuk mendukung pemuliaan pohon, namun beberapa tahun ini sudah ke arah DNA forensik untuk mendukung penegakan hukum tindak satwa liar,” kata Kasi Data Informasi dan Diseminasi (DID) ini.

Setelah paparan dilakukan doorprice dengan menanyakan beberapa pertanyan kepada mahasiswa tentang apa yang dipaparkan oleh Kasi DID. Hadiah berbagai macam souvenir B2P2BPTH diberikan kepada mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan kuis.

Kemudian mahasiswa dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok I ke Lab Kuljar diterima oleh Dr. Toni Herawan, MP dan Fithri Ardhany, S.Hut, M.Sc, kelompok II ke Lab Genmol oleh Dr. Istiana Prihatini, S.Si.,M.Sc. Sedangkan Eritrina Windyarini, S.Hut,M.Sc menerima kelompok III di Lab Bioenergi dan kelompok IV berkunjung ke persemaian oleh Ir. Sugeng Pujiono, MP.

“Saya merasa berkesan dan dapat menambah wawasan tentang bioteknologi sehingga membuat dirinya yakin akan berkarier di dunia bioteknologi jika kelak lulus kuliah. Menurut Basaria salah seorang mahasiswa,” kata Basaria Fransiska.

Sedangkan menurut Dlein Anjelin Lambehe mahasiswa yang lain mengatakan bahwa banyak pelajaran yang di dapat dari kunjungan ilmiah ini. “Kami belajar banyak dari para peneliti yang baik dalam menjelaskan tentang hasil litbang di kantor ini.” (LH)

Editor: Lukman Hakim

Foto: Edy Wibowo/BBPPBPTH/2017