LANGKAH-LANGKAH STRATEGIS DI AKHIR TAHUN ANGGARAN 2017

ADMIN | Senin , 23-Okt-2017

YOGYA (biotifor.or.id) – Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada akhir tahun anggaran di institusi-institusi pemerintah, adalah realisasi belanja dan sisa waktu pelaksanaan kegiatan. Hal tersebut perlu dicarikan solusi dengan langkah-langkah strategis dalam penyerapan sisa anggaran.
Untuk itu B2P2BPTH melakukan Sosialisasi Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-12/PB/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun Anggaran 2017, Rabu, (18/10/2017).

“Harapannya setelah diskusi ini kita mendapatkan pencerahan apa yang harus dilakukan pada akhir tahun ini untuk pengelolaan anggaran, dan apa yang harus dilakukan untuk revisi terakhir,” ujar Kabag Umum, Priyo Kusumedi, S.Hut.,MP. dalam sambutannya mewakili Kepala B2P2BPTH.

Lebih lanjut Priyo mengatakan bahwa langka-langkah yag harus dilakukan di akhir tahun yaitu ; 1) Melakukan review atas perencanaan kegiatan, penyerapan, dan capaian kinerja, 2) Meningkatkan ketertiban penyampaian data kontrak ke KPPN, 3) Memastikan ketepatan waktu penyelesaian tagihan, dan 4) Pengendalian pengelolaan UP / TUP.

Pada kesempatan itu, selain berdiskusi mengenai langkah-langkah di akhir tahun 2017, juga dikupas tentang tata cara revisi. Materi lain adalah sharing tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) LIPI Gunung Kidul, SOP Pelaksanaan Anggaran. Pada akhir diskusi masing-masing penanggung jawab kegiatan menyampaikan kebutuhan sampai dengan akhir tahun.

Priyo menambahkan bahwa mengenai PNBP, potensi yang dimiliki oleh B2P2BPTH cukup besar namun sampai sekarang Peraturan Pemerintah yang mengatur hal itu belum ada. “Selama ini kita hanya menarik, memungut, mengumpulkan dan menyetor ke kas negara, belum sampai pada tahap menggunakan dana PNBP itu. Sementara itu BPTBA sudah bisa menggunakan dana PNBP yang disetornya,” sebut Priyo.

Dalam paparannya Arwin Fathurrohman menyampaikan materi Pedoman Pelaksanaan Akhir Tahun Anggaran 2017. Hal-hal baru terkait Pedoman Pelaksanaan Akhir Tahun anggaran 2017 yaitu pertama, penyesuaian waktu (hari/tanggal dan bulan) kalender kegiatan pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran pada akhir tahun anggaran karena pergantian tahun.

Kedua, pengaturan percepatan batas waktu pengajuan  SPM-LS kontraktual ke KPPN. Hal berikut adalah pengaturan penerimaan negara seiring dengan penerapan sistem MPN G-2 secara penuh, kemudian pengaturan penerimaan dan pengeluaran pada hari kerja terakhir (29 Desember 2017) dan kelima atau terakhir pemberian dispensasi pengajuan SPM dan data kontrak tidak diatur dalam Perdirjen tentang Pedoman Pelaksanaan penerimaan dan Pengeluaran Pada Akhir Tahun anggaran 2017.

Sedangkan Mei Wulandari, S.Sos memaparkan Pokok-Pokok Perubahan Peraturan Menteri Keuangan No. 10/Pmk.02/2017 Tentang Tata Cara Revisi Anggaran Ta 2017. Narasumber terakhir berbicara terkait Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) BPTBA LIPI yang disampaikan oleh Safitri Widodo dan Wiku Ismu Dalpito.(mna)


Editor: PK & LH