MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWANYA, SD SALSABILA BERKUNJUNG KE B2P2BPTH

ADMIN | Senin , 30-Okt-2017

YOGYA (biotifor.or.id) – “Kami mohon doannya, agar dapat selalu belajar dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak didik kami. Kegiatan seperti ini bertujuan agar dapat meningkatkan Life Skill sebagai bekal dalam kehidupan siswa kami”, kata Ustadz M. Zaelani, MA.

Harapan Guru SD Salsabila 2 Klaseman ini disampaikan saat menyampaikan sambutan di selasar kantor Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta, Rabu (25/10/2017).

Lebih lanjut Ustadz Zaelani menyadari bahwa sekolahnya secara sarana prasarana masih sangat minim. Untuk itu harus berusaha keras agar anak-anak dapat belajar dengan cara yang bervariasi. “Kami berkunjung ke tempat-tempat yang membuat anak-anak mendapat pengetahuan yang lebih”, jelasnya.

Didampingi 10 bapak/ibu guru dari SD Salsabila 2, rombongan berjumlah 185 siswa diterima oleh Lukman Hakim, S.Hut.,MP. Dalam pengantarnya Lukman menjelaskan bahwa tugas kantor B2P2BPTH adalah meneliti tanaman kehutanan, terutama untuk meningkatkan produktivitas.

“Salah satu sumber kekayaan Indonesia adalah hutan, karena letak Indonesia ada di garis khatulistiwa. Kelebihan negara-negara yang ada di daerah khatulistiwa mempunyai dua musim yaitu penghujan dan musim kemarau,” kata Kepala Seksi Data Informasi dan Diseminasi ini.

“Kondisi ini membuat kekayaan tanaman yang ada di daerah khatulistiwa lebih beragam dari pada di daerah sub tropis atau daerah dingin”, tambah Lukman dihadapan siswa-siswi SD yang ceria.

Untuk lebih menghangatkan suasana dan menambah semangat adik-adik kita, seperti biasa diadakan door prize. Beberapa pertanyaan seputar tanaman hutan dan kantor B2P2BPTH yang sebelumnya telah dijelaskan pun meluncur dari Maya Retnasari, MC pagi itu. Beberapa siswa tampak antusias maju dan menjawab pertanyaan.

Setelah acara di lobby selesai maka dilanjutkan dengan kunjungan lapangan yaitu di persemaian dan arboretum. Rombongan dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok didampingi oleh Ir. Sugeng Pudjiono, MP., Arif Setiawan, S.Hut., Siti Husna Nurrohmah, S.Si., serta Fasis Mangkuwibowo, S.Hut. dan Dwi Wahyudi.(mna)

 

Editor: Lukman Hakim