ARSIPARIS AHLI B2P2BPTH JOGJA SABET JUARA III ARSIPARIS TELADAN KLHK

ADMIN | Kamis , 17-Mei-2018

BOGOR (biotifor.or.id) –  Astoto Nugroho, S.ST. Ars, Arsiparis Ahli B2P2BPTH berhasil menyabet juara ke-3 pada Pemilihan Arsiparis Teladan Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Tahun 2018.  Acara ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 8-9 Mei 2018, di Arch Hotel Bogor.
 
Pemilihan Arsiparis Teladan Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Tahun 2018 diselenggarakan oleh Biro Umum Setjen KLHK. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti komitmen para Dirjen lingkup Kementerian LHK dihadapan ANRI dan Menteri LHK, terkait dengan Gerakan Nasional Sadar dan Tertib Arsip  (GNSTA) Kementerian LHK, yang dicanangkan pada tanggal 16 Maret 2018 di Manggala Wanabakti.

“Alhamdulilah senang, karena ini baru kali ke-2 ikut pemilihan arsiparis teladan KLHK yang Tingkat Keahlian, pada tahun 2017 hanya masuk 5 besar, Alhamdulilah tahun ini meningkat ke-3 besar,” ujar Astoto disela-sela kesibukannya. Salah satu faktor pendukung yang paling berperan pada kesuksesannya kali ini adalah dukungan pimpinan.
 
Lebih lanjut Astoto menceritakan bahwa pada saat masih di jenjang terampil, pernah mendapat gelar Arsiparis Teladan Tingkat KLHK pada Tahun 2016. Berbekal sebagai Arsiparis Teladan Tingkat KLHK tersebut kemudian dikirim ke tingkat nasional. “Alhamdulillah menang menjadi arsiparis teladan nasional,” ujar PNS yang resmi menjadi arsiparis pada tahun 2011 ini.

Proses pemilihan arsiparis teladan KLHK, diawali dengan ujian tertulis, kemudian dilanjutkan ujian wawancara. Melalui ujian tulis dan wawancara diambil 5 terbaik dari arsiparis jenjang terampil dan 5 terbaik dari jenjang ahli. Tahap berikutnya presentasi  selama 5 menit dan menjawab pertanyaan dari dewan juri.

Pada saat presentasi, Astoto membawakan materi dengan judul "Arsip Sebagai Sumber Informasi Pengambilan Keputusan". Poin penting yang disampaikan dalam presentasi ini adalah pengambilan keputusan tanpa dasar Informasi Arsip, 80% Hoax. Pada penilaian tahap akhir hal-hal yang dinilai meliputi penguasaan materi 40 %, penguasaan forum 30 %, performance 30 %.

Dewan juri Pemilihan Arsiparis Teladan KLHK 2018 terdiri dari Agung Widio Saptono, SE, M.Si (Kabag TU Biro Umum), Margi Utami, S.Sos. (Kasubag Kearsipan dan Dokumentasi, Biro Umum), Rubiandono, S.Si, M.PA (Kasubbag Persuratan, Biro Umum), Rina Akhsanawati, SE. (Kasubbag TU Setditjen PDASHL),  Zaenal Abidin, S.Hut.,M.Li. (Kasubag AJF Biro Kepegawaian dan Organisasi), Dedi Hudaedi, S.Hut., (Kasubag TU Setditjen PPI) dan Eny Sulistyowati, S.Sos.,MAP. (Arsiparis Madya).

Nama-nama pemenang Tingkat Terampil juara 1 oleh Alfu Mahar Syarofi, dari Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS Solo, juara 2 oleh Fatnarul hanifa dari PKTL dan juara 3 oleh Yohananto, KUPK Cimanggis. Sedangkan pemenang Tingkat Ahli juara 1 oleh Eko Wahyu dari TN Karimun Jawa, juara 2 oleh Rina Cahyani dari KUPK Cimanggis dan juara 3 Astoto Nugroho, S.ST. Ars. dari B2P2BPTH.(MNA)

 

Editor : Priyo Kusumedi