JPTH RAIH AKREDITASI JURNAL KEMENRISTEKDIKTI

ADMIN | Jumat , 20-Juli-2018

JAKARTA (biotifor.or.id) – Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan (JPTH) B2P2BPTH meraih akreditasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai jurnal ilmiah terakreditasi peringkat 2. Penyerahan sertifikat dilakukan pada acara Sosialisasi Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional pada tanggal 17 Juli 2018 di Auditorium Utama LIPI.

Memasuki era integrasi sistem jurnal ilmiah nasional, yang bertujuan untuk meminimalisasi dikotomi antar lembaga akreditasi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersinergi dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk memberikan akreditasi kepada seluruh jurnal ilmiah di Indonesia.

Dalam pembukaan sosialisasi Dr. L. Tri Handoko, M. Sc selaku Kepala LIPI menyambut baik penggabungan akreditasi ini. “Mulai Juni 2018 LIPI tidak lagi melakukan akreditasi jurnal ilmiah nasional bagi lembaga litbang, seluruh akreditasi jurnal ilmiah secara nasional di bawah kewenangan Kemenristekdikti,” ujarnya di Auditorium Utama LIPI Jakarta, Selasa (17/07/2018).

Sejalan dengan hal tersebut, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Dr. Muhammad Dimyati menyatakan semua jurnal ilmiah terakreditasi LIPI dan masih berlaku masa akreditasinya secara otomatis diakui Kemenristekdikti sampai masa habis berlaku akreditasinya.

Berdasarkan Permenristekdikti Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah sebagai dasar hukum bagi pelaksanaan jurnal ilmiah nasional.
Kemenristekdikti menyediakan media bagi lembaga yang ingin mendapatkan akreditasi jurnal melalui Sistem Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) dan Science And Technology Index (SINTA).

Sebagai tonggak bahwa akreditasi jurnal ilmiah nasional sudah menjadi kewenangan Kemeristekdikti, pada acara tersebut dilaksanakan penyerahan secara simbolis sertifikat dari Kepala LIPI kepada Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. Sosialisasi jurnal ilmiah tersebut dihadiri oleh beberapa lembaga litbang baik kementerian maupun universitas seperti Kementerian PUPR, Kementerian Sosial, Kementerian LHK, Kementerian Pertanian, LIPI, Kementerian Perindustrian, Kemeterian Agama, Kementerian ESDM dll.

Diharapkan, Integrasi antara LIPI dengan Kemenristekdikti tersebut bisa berjalan dengan baik demi kemajuan jurnal ilmiah nasional.(***NTR)

 

 

Foto : TS & DS