PAMERAN & TALKSHOW KULTUR JARINGAN TANAMAN HUTAN B2P2BPTH DI BIOTECH EXPO UKDW 2018

ADMIN | Selasa , 25-Sept-2018


YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) menampilkan produk hasil penelitian kultur jaringan, produk minyak kayu putih, dan publikasi berupa Jurnal, Informasi Teknis, Leaflet, Booklet, Warta pada kegiatan Pameran BioTECH EXPO 2018 di Atrium Agape Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta tanggal 20 s/d 21 September 2018.

Selain pameran, B2P2BPTH  juga mengisi Talkshow oleh  peneliti  yang memaparkan tentang kultur jaringan tanaman hutan yang telah dilakukan di B2P2BPTH. “Beberapa peran kultur jaringan di bidang kehutanan yang terkait dengan penyelamatan lingkungan  adalah untuk membantu konservasi genetik dalam rangka menyelamatkan tanaman langka dan  peran menyediakan bibit bebas virus/penyakit serta perbanyakan tanaman unggul”, Jelas Toni Herawan, Jumat (21/9).

Lebih lanjut Toni Herawan menyampaikan bahwa sejak tahun 1992 melakukan kegiatan kultur jaringan sudah ada sekitar 40 jenis yang berhasil diteliti dan dikembangkan bersama tim, diantaranya jenis Cendana, Jati, Eucalyptus, Acacia, Sengon, Bambu dan Anggrek.  Adapun waktu yang dibutuhkan untuk melakukan mikro propagasi/kultur jaringan sampai diperoleh plantlet hasil kultur jaringan yang siap tanam bervariasi, tergantung jenis tanaman yang di kultur. Sebagai contoh jenis jati memerlukan waktu sekitar 8 bulan, sedangkan cendana membutuhkan waktu lebih lama sekitar 24 bulan.

Peserta antusias mengikuti talkshow ini dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait kultur jaringan diantaranya mengenai faktor-faktor yang menentukan keberhasilan kultur jaringan, perlakuan terhadap pengiriman eksplan sampai dengan pertanyaan mengenai produk pemuliaan yang dihasilkan Balai Besar Litbang BPTH. Semua pertanyaan dijelaskan dengan gamblang oleh Toni Herawan, dan bagi yang belum puas dapat menghubungi beliau atau datang langsung ke B2P2BPTH.
 
BioTECH EXPO 2018 ini merupakan hasil kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bioteknologi UKDW Yogyakarta. Serangkaian kegiatan diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis UKDW, diantaranya adalah  pameran, workshop, lomba mading tingkat SMA dan talkshow. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa UKDW dan siswa siswi Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta.  

Menurut Joko Purwadi, S.Kom, M.Kom, Wakil Rektor 3 Bidang alumni, Kemahasiswaan dan Informasi bahwa BioTECH EXPO kali ini mengambil tema “Together We Heal, Together We Inspire” dengan harapan melalui acara ini dapat menumbuhkan kesadaran dan gerakan penyelamatan lingkungan di kalangan generasi muda yang dapat menginspirasi masyarakat global.

Selain diisi oleh BBPPBPTH, stand BioTECH EXPO 2018  juga menampilkan beberapa instansi lain seperti stand yang memajang karya mahasiswa Fakultas Bioteknologi UKDW, Kelompok Tani Organik Kota Yogyakarta, Reinspirasi, dan PT. Multi Bintang. (EDL)

Editor : Nunuk T.R.

 

 

Dokumentasi : B2P2BPTH