RENCANA KERJA SAMA, DJARUM FOUNDATION KUNJUNGI KHDTK ALAS KETU WONOGIRI

ADMIN | Selasa , 25-Sept-2018

WONOGIRI (biotifor.or.id) – Dalam rangka tindak lanjut rencana kerja sama antara PT. Djarum dengan B2P2BPTH, tim CSR Djarum Foundation melakukan kunjungan ke KHDTK Alas Ketu Wonogiri, Rabu (19/09/2018). Hal ini dilakukan agar dapat memberi gambaran kondisi riil di lapangan, sehingga ke depannya penyusunan rencana kerjasama dapat mempertimbangkan segala aspek.

Tim Djarum Foundation terdiri 5 orang yang dipimpin oleh Sindaka selaku tim komunikasi CSR Djarum Foundation. Kunjungan ke KHDTK Alas Ketu Wonogiri ini, merupakan kelanjutan dari pertemuan yang telah dilakukan oleh kedua belah pihak, di Kantor B2P2BPTH, pada tanggal 15 Mei 2018.

Tim mendapat paparan dari Dr. Arif Nirsatmanto peneliti B2P2BPTH tentang sejarah awal kegiatan pemuliaan jenis yang ada di B2P2BPTH, proses pemuliaan dan potensi sumber benih yang ada di KHDTK Alas Ketu Wonogiri. Potensi yang disampaikan oleh Arif terkait potensi produksi dan potensi ekonomis dari hasil pemanfaatan benih unggul.

Sindaka mengatakan bahwa Djarum dengan programnya saat ini Trees For Life sedang gencar-gencarnya memperbanyak pohon jenis trembesi untuk dibagikan kepada masyarakat. Selain itu Djarum juga melaksanakan penghijauan di sepanjang Pantai Utara Jawa dengan jenis yang sama. Maka kedepannya rencana kerjasama dengan B2P2BPTH nanti akan diarahkan untuk mendukung program penanaman trembesi tersebut.

“Kurang lebih 100.000 bibit diproduksi oleh PT Djarum Foundation setiap tahunnya. Djarum Trees For Life tidak akan berhenti menjaga komitmen ini, demi terwujudnya negeri nyaman dan lestari serta kualitas hidup yang lebih baik, untuk kita dan anak cucu nanti”, tambah Sindaka.

Prinsa, anggota tim Djarum Foundation yang lain menambahkan bahwa mereka berkeinginan membangun bank genetik, yang bertujuan untuk menyimpan materi genetik pohon trembesi yang telah, sedang dan akan ditanam oleh Djarum Foundation. Untuk itu perlu dukungan dari B2P2BPTH demi terwujudnya rencana tersebut.

Berdasarkan hasil pertemuan tersebut maka rencana program kerjasama yang akan dilakukan antara B2P2BPTH dan Djarum Foundation adalah membangun plot uji variasi trembesi di KHDTK Wonogiri dengan luas lahan ±1 Ha. Trembesi terbaik dari yang telah ditanam oleh Djarum akan dipilih sebagai materi untuk plot variasi tersebut dan nantinya setelah mendapatkan bibit unggul trembesi bisa didaftarkan ke PVT.

“Hasil pertemuan ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan proses administrasi penyusunan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara kedua belah pihak”, ujar Retisa Mutiaradevi, S.Kom.,M.Ca, Kepala Bidang Data Informasi dan Kerjasama.(DS)

 

Editor : Nunuk T.R.

Foto : Dokumentasi B2P2BPTH/DS