B2P2BPTH SEBAGAI AJANG BELAJAR HIMABA UGM

ADMIN | Kamis , 18-Okt-2018

YOGYA (biotifor.or.id) – “Kegiatan kunjungan instansi ini sebagai ajang bagi kami untuk belajar di Balai Besar,” ujar Ilham Dwi Ardiyansah, Ketua Himpunan Mahasiswa Budidaya Hutan (HIMABA) Fakultas Kehutanan UGM, saat memberikan sambutan di B2P2BPTH, Jumat (12/10/2018).

Ilham melanjutkan, ia bersama rekan-rekannya juga akan mempelajari tentang kultur jaringan serta mengenal tanaman-tanaman langka yang ada di DIY. Kondisi laboratorium kultur jaringan yang cukup lengkap juga menjadi alasan mengapa B2P2BPTH sebagai tempat tujuan kunjungan instansi.

“Saya harap teman-teman aktif bertanya ketika berdiskusi dengan pemateri, semoga dengan kunjungan ini akan membawa banyak hal yang bermanfaat bagi kami,” harap Ilham.
 
Rombongan diterima oleh Kepala B2P2BPTH yang diwakili oleh Kepala Seksi Data Informasi dan Diseminasi, Nunuk Tri Retnaningsih, S. Hut, M. Eng. Selain ucapan selamat datang, Nunuk juga menjelaskan mengenai profil institusi, hasil-hasil penelitian juga fasilitas-fasilitas yang ada di B2P2BPTH.

Peserta kemudian menuju ke Laboratorium Kultur Jaringan di bawah bimbingan Dr. Asri Insiana Putri dan Fithry Ardani, S.Hut.,M.Sc, sedangkan kelompok berikutnya bersama Lukman Hakim, S.Hut.MP. berdiskusi mengenai tanaman langka yang menjadi koleksi B2P2BPTH di persemaian.

“Setelah melakukan kunjungan pengetahuan saya mengenai kultur jaringan menjadi lebih luas. Materi yang disampaikan mampu melengkapi materi sebelumnya,” ujar Rizki Amalia, salah seorang peserta kunjungan.

Ia menyampaikan, dengan materi yang diberikan tersebut membuatnya menjadi tersadar bahwa jenis-jenis tanaman tertentu perlu untuk diteliti dan dikembangkan agar keberadaannya tetap lestari di kemudian hari.

“Lebih mengetahui kultur jaringan secara teknis di lapangan, mengetahui tanaman langka di DIY,” ujar peserta lain, Ani Setyaningsih. “Saya sangat senang berkunjung di B2P2BPTH karena banyak ilmu baru yang saya terima, semoga saya dapat melakukan penelitian di sini,” harap Erdina Erika Putri.(mna)

 

Editor : Nunuk Tri R.

 

Foto : Dokumentasi B2P2BPTH