PARTISIPASI DI BULAN TEKNOLOGI BPTBA-LIPI, HASIL PENELITIAN B2P2BPTH TAMPIL DI TAMAN PINTAR

ADMIN | Senin , 26-Nov-2018

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) ikut berpartisipasi dalam kegiatan Bulan Teknologi yang diselenggarakan oleh Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam-Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia (BPTBA-LIPI). Keikutsertaan B2P2BPTH pada event itu melalui kegiatan pameran yang dilaksanakan di Taman Pintar Yogyakarta, Kamis-Sabtu (15-17/11/2018).

Stand pameran B2P2BPTH berada pada satu lokasi bersama dengan nama stand Sinergi PUI. Peserta pameran yang menempati lokasi itu terdiri dari beberapa satker yang memperoleh PUI antara lain B2P2BPTH, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta, dan beberapa satker di bawah LIPI.

Dalam sambutannya, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengungkapkan kebanggaannya kepada masyarakat Yogyakarta secara luas akan kegigihannya mensinergikan produk-produk UMKM dengan IPTEK.

“Saya cukup antusias dalam kegiatan positif ini. Karena LIPI berhasil mengajak UMKM dalam event ini, diharapkan pelayanan UMKM  dan produknya mampu menggaet kembali para wisatawan,” papar Haryadi.

Tema kali ini adalah "Pengembangan Budaya IPTEK Berbasis Kearifan Lokal untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat". Pameran ini sebagai sarana pemasyarakatan IPTEK, sekaligus sebagai sosialisasi layanan jasa IPTEK kepada masyarakat luas, agar dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang bidang-bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan.

Sementara itu Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik-LIPI, Dr. Yan Rianto, M.Eng. memandang UMKM dari segi fungsi. Pangan tradisional bukan hanya memiliki fungsi makanan namun juga punya fungsi-fungsi lain seperti fungsi kesehatan. Dirinya menjelaskan, perlu mengangkat keunggulan pangan tradisonal agar memiliki kompetensi dalam persaingan pasar global. Mengangkat keunggulan makanan tradisional yang memiliki tingkat kesiapan dalam mengadopsi teknologi terbaru merupakan salah satu alternatif upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam hal ini, tingkat kepentingan keamanan dan kesehatan pangan menjadi prioritas dalam perkembangan dengan makin kompleksnya proses persebaran produk makanan di seluruh dunia,” ujarnya.

Kepala BPTBA LIPI, Hardi Julendra menyampaikan pameran ini telah memasuki penyelenggaraan tahun keempat. Peserta pameran para pemangku kebijakan, lembaga dan instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, dinas terkait, mitra kerjasama, sektor UKM (Usaha Kecil dan Menengah), perguruan tinggi, sekolah dan masyarakat umum.(mna)

 

Editor : Nunuk Tri R.

Foto : Dok. B2P2BPTH